Jawa Pos

Alonso Debut Tes WEC di Bahrain

-

SAKHIR – Juara dunia dua kali Formula 1 Fernando Alonso melakoni debut sebagai pembalap pada ajang World Endurance Championsh­ip (WEC) di Bahrain kemarin pagi. Bersama tim Toyota LMP1, Alonso turun pada uji coba sebagai pembalap pendatang baru alias rookie.

Toyota baru mengonfirm­asi Alonso akan turun dalam uji coba tersebut Sabtu malam (18/11). Dia mengendara­i Toyota TS050 Hybrid dengan nomor start 8 bergantian dengan pembalap reguler tim pabrikan asal Jepang tersebut, Sebastian Buemi.

Buemi lebih dulu melakukan uji coba di awal sesi. Dia baru menyerahka­nnya kepada Alonso sekitar 40 menit kemudian. Tes berjalan selama 2 jam.

Alonso konsisten mencatat waktu di kisaran 1 menit 44 detik dan 1 menit 45 detik. Catatan lap terbaiknya adalah 1 menit 43,709 detik pada putaran terakhir. Raihan tersebut lebih lambat 1,6 detik di belakang Buemi, yakni 1 menit 42,183 detik. Alonso menyelesai­kan 37 lap dalam tes tersebut.

Buemi finis di posisi kedua dalam daftar pembalap tercepat di bawah tim rival, Porsche LMP1, dengan tunggangan Porsche 919 Hybrid yang dijoki pasangan Timo Bernhard dan juara Formula 2017 Pietro Fittipaldi.

Bos tim Toyota WEC Hisatake Murata menyatakan sangat menghargai ketertarik­an Alonso di ajang balapan berbeda seperti WEC dan IndyCar 500. ’’Kebanggaan kami memberikan kesempatan kepada Fernando untuk mengendara­i mobil hybrid LMP1. Sangat penasaran mendengark­an masukan dari dia,’’ ucapnya.

Alonso akan melakoni serangkaia­n balapan di ajang ketahanan mobil pada musim 2018. Debutnya dimulai di ajang Daytona 24 Jam pada Januari mendatang. Dia juga tidak menutup peluang turun di balapan legendaris Le Mans 24 Jam. Alonso berambisi menjadi juara dalam tiga balapan paling legendaris di dunia. Yakni F1 GP Monaco yang dimenangi dua kali serta Le Mans 24 Jam dan IndyCar 500. (cak/c19/ady)

 ??  ?? Fernando Alonso
Fernando Alonso

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia