Jawa Pos

Kalianak-Manyar Betoyo Aman

-

SURABAYA – Tahun lalu Jalan Kalianak di Surabaya dan Manyar Betoyo, Gresik, selalu rusak parah. Kondisi itu sempat membuat hubungan pemprov dengan Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) memanas. Kali ini Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII memastikan bahwa kondisi dua kawasan itu aman.

Status Jalan Kalianak dan Manyar Betoyo merupakan milik nasional. Pengelolaa­nnya di bawah BBPJN VIII. Pengerjaan­nya pun dilaksanak­an secara berkala melalui lelang. Jika kawasan tersebut rusak parah, penyelengg­ara lelang adalah BBPJN.

Kepala Satuan Kerja Metropolit­an I BBPJN VIII Yudi Widargo menyatakan, pihaknya sudah mendata kawasan yang rawan rusak saat musim hujan. Jalan Kalianak dan Manyar Betoyo sudah diatasi. ’’ Tinggal beberapa titik yang rawan karena berada di lahan gerak,’’ katanya.

Titik rawan itu berada di sekitar Gresik bagian selatan. Kawasan tersebut dulu merupakan tambak. Tingkat kekerasan lahan sangat rendah. Karena itu, jalan di lokasi tersebut rawan ambles dan muncul rekahan. Meski begitu, BBPJN VIII tetap memastikan bahwa musim hujan tahun ini relatif aman. ’’ Antisipasi lubang juga sudah kami lakukan,’’ jelas Yudi. (riq/c15/oni)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia