Jawa Pos

Semua Sekolah Ajukan Tambahan

-

KEBUTUHAN terbanyak tenaga pendidik di Kota Pudak adalah bidang studi khusus. Kepala Badan Kepegawaia­n Daerah (BKD) M. Nadlif menjelaska­n, hal itu merupakan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan oleh semua sekolah di Gresik. ”Setiap sekolah mengirimka­n data jumlah tenaga pendidik saat ini serta kebutuhan tambahanny­a,” katanya.

Berdasar hasil pendataan itu, hampir semua sekolah mengajukan tambahan formasi, terutama guru bidang studi masing-masing. ”Sebab, cukup banyak sekolah yang kekurangan guru kategori ini,” tuturnya.

Mengacu data BKD, jumlah guru bidang studi di Gresik memang masih jauh dari ideal, terutama untuk bidang-bidang khusus. Contohnya, guru agama. Sejauh ini, Kabupaten Gresik hanya memiliki 272 guru agama Islam yang berstatus PNS. Jumlah guru agama Kristen juga tidak banyak, hanya enam orang. Malah, untuk agama Hindu, hanya ada satu guru.

Yang juga masih minim ialah guru inklusi. Sejauh ini, pemkab baru memiliki dua pengajar tetap. Meski demikian, angka tersebut masih berpotensi berubah. Itu seiring beralihnya kewenangan pengelolaa­n SMA/sederajat dari pemkab ke pemprov.

Sejatinya, pemkab sudah mengajukan usulan penambahan formasi untuk memenuhi jumlah guru dan tambahan PNS lain ke pemerintah pusat. Hanya, kepastian tersebut masih menunggu boleh tidaknya pemkab melakukan rekrutmen CPNS. (ris/c20/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia