Jawa Pos

Setnov Juga Dikaitkan Kedatangan WNA Tiongkok

-

HOAX yang menyertai kasus korupsi Ketua DPR Setya Novanto sudah lari ke mana- mana. Pihak-pihak yang berseberan­gan dengan pemerintah menganggap kejadian itu hanyalah pengalihan atas berbagai isu. Termasuk soal kedatangan rombongan warga negara asing ( WNA) asal Tiongkok.

Salah satu yang memanfaatk­an kegaduhan berita Setnov untuk menyebarka­n hoax adalah pemilik akun Facebook Aguung Setyaone. Pada 17 November 2017 pukul 21.17, akun itu mem- posting status yang disertai foto dan video. Status tersebut menyebutka­n bahwa warga Tiongkok terus berdatanga­n ke Indonesian­donesia di tengah ramainya pemberitaa­n tentang Setnov. Posting- an itu dilengkapi tagar Indonesia Waspada da Komunis.

Ternyata foto dan n video yang diunggah gah Aguung hanya hoax. ax. Dia mencomot foto to dan video dari beberapa portal berita mengenai peningkata­n angka ka kunjungan turis asal Tiongkok ke Sulawesi Utara pada 2016.

Sedangkan video o yang dipakai untuk uk menyebarka­n hoax oleh Aguung g didapat dari unggahan jurnalis s koran lokal di Manado. Namanya Dwars Soukottta. Pada Senin 4 Juli 2016, diadi membuatbt beberapabb ttulisanli mengenai i kedatangan rombongan turis asal Tiongkok ke Manado. Salah satunya berjudul Puluhan Ribu Turis Tiongkok Bergelomba­ng Serbu Manado.

Ketika itu Dwars menulis berita bahwa kedatangan para turis tersebut disambut Pemprov Sulawesi Utara. Mereka disuguhi alunan musik. Pemprov Sulut menyebut, ada sekitar 40 maskapai lokal maupun internasio­nal yang melayani kunjungan para wisatawan dari Tiongkok. (gun/eko/c10/fat)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia