Jawa Pos

Kadishub Tidak Tahu soal Kapal Tabrak Pulau

-

SOFIFI – Kinerja dinas perhubunga­n (dishub) provinsi dalam melakukan pengawasan terhadap transporta­si patut dipertanya­kan. Betapa tidak, telah terjadi laka laut di perairan Halmahera Selatan. Yaitu, KM Karya Indah menabrak Pulau Kasiruta, Tanjung Berek, Bacan Barat. Namun, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 22.50 WIT itu tidak diketahui dishub sampai esok harinya pukul 10.00 WIT.

Saat dikonfirma­si wartawan, Kadishub Ismail Sahbudin kaget dengan kejadian tersebut. ’’Saya tidak dapat informasi apa pun, jadi saya tidak tahu,’’ kata Ismail melalui telepon, Senin (20/11).

Ismail sendiri saat ini berada di Jakarta. Karena itu, peristiwa penabrakan pulau oleh kapal dengan jumlah penumpang mencapai 111 orang itu tidak diketahui. Padahal, peristiwa tersebut ramai diberitaka­n di media. ’’Nanti cek kejadianny­a, apa betul atau tidak,’’ ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Provinsi (Deprov) Salahudin Lessy sangat menyesalka­n kinerja dishub. Dia mengungkap­kan, selama ini dishub panik ketika ada kejadian yang memakan korban. Setelah itu, mereka membiarkan­nya tanpa ada pengawasan apa pun. Padahal, tanggung jawab dishub adalah melakukan pengawasan transporta­si, baik di laut maupun darat, terutama lintas kabupaten kota. ’’Kelalaian ini bukan kali ini saja. Jangan heran kalau setiap tahun di Malut sering terjadi laka laut. Itu karena faktor ketidakped­ulian,’’ tuturnya.

Salahudin menambahka­n, kejadian kapal menabrak pulau itu sangat langka. Kemungkina­n alat keselamata­n seperti GPS tidak berfungsi atau tidak digunakan. (udy/jfr/c17/ami)

 ??  ?? IRFAN SATYA PRASAJA FOR MALUT POST/JPG TABRAK PULAU: KM Karya Indah dengan tujuan Kota Ternate kemarin dini hari menabrak Pulau Kasiruta. Terlihat kondisi kapal saat kandas.
IRFAN SATYA PRASAJA FOR MALUT POST/JPG TABRAK PULAU: KM Karya Indah dengan tujuan Kota Ternate kemarin dini hari menabrak Pulau Kasiruta. Terlihat kondisi kapal saat kandas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia