Jawa Pos

Ayah Ingin Jual Ginjal demi Bayi Kembar

-

SEKADAU – Suryoto nekat ingin menjual salah satu ginjalnya. Pria 36 tahun itu putus asa karena tidak memiliki dana untuk perawatan anak kembarnya yang lahir prematur pada Rabu (15/11).

’’Sebagai orang tua, tentu sayang pada anak. Demi anak, saya siap jual organ tubuh saya. Saya siap jual ginjal kalau memang ada yang membutuhka­n,’’ kata Suryoto kepada Rakyat Kalbar ( Jawa Pos Group) di ruang tunggu keluarga ICU RSUD Sekadau kemarin siang (20/11).

Dia menyadari bahwa menjual organ tubuh adalah perbuatan yang tidak baik dan melanggar hukum. ’’Tapi, saya harus gimana lagi? Saya bingung. Saya pasrah,’’ ucapnya terisak. ’’Untuk perawatan istri saja habis Rp 3.734.000. Biaya itu diberi bos tempat saya menggarap lahan,” ungkapnya.

Menurut Suryoto, dirinya tidak memiliki BPJS karena baru pindah. Suryoto makin bingung. Sebab, hingga dua hari lalu, biaya pengobatan anaknya sudah mencapai Rp 10 juta.

Kabid Perlindung­an dan Jaminan Sosial Dinas Sosial, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak Sekadau Syahdiman menyatakan, pihaknya bakal berupaya membantu Suryoto. (abdu/arman/c18/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia