Jawa Pos

Boyong Suku Cadang Premium

-

SURABAYA – Astra Otoparts selaku distributo­r peredam kejut KYB di Indonesia memboyong produk premiumnya ke pasar nasional. Chief Executive Marketing Astra Otoparts Rio Sanggau menyatakan, saat ini, mayoritas peredam kejut standar mobil produksi APM (agen pemegang merek) Jepang di tanah air merupakan produk KYB. Bahkan, produk di pasar suku cadang pengganti juga didominasi KYB.

Untuk pemasok suspensi premium khusus mobil, belum ada yang dominan. ’’Marketnya memang tidak seberapa besar. Tapi, kami siap memberikan penetrasi yang lebih dalam karena peluangnya ada,’’ ujarnya di Surabaya kemarin.

Menurut Rio, potensi pasar peredam kejut cukup besar. Hal itu terlihat dari jumlah kendaraan roda empat yang tumbuh 1 juta setiap tahun. ”Kalau roda empat sendiri, lebih dari 50 persen kendaraan baru menggunaka­n peredam kejut KYB. Itu menunjukka­n bahwa kami mumpuni secara teknologi,’’ katanya. Saat ini, pangsa pasar peredam kejut KYB di Indonesia lebih dari 30 persen.

Rio menambahka­n, pihaknya menargetka­n pengguna mobil premium yang tidak puas dengan performa suspensi mobil mereka dan mencari advance yang lebih. Pasar lainnya adalah maniak modifikasi yang selalu ingin memberikan yang terbaik, terutama dari sisi detail mobil.

Yang paling istimewa, suspensi tersebut sudah disertai kit dan segala komponen bawaan untuk sebuah tipe mobil. Dengan de mikian, mereka yang menggunaka­n komponen itu tak perlu lagi melakukan pe ngaturan atau memotong per.

Regional Head Jatim Astra Otoparts Hengky Rudyanto menjelaska­n, pasar suspensi KYB di Jatim cukup besar. Kontribusi Jatim terhadap nasional mencapai 40 persen. Jumlah kendaraan di Jatim pun terus meningkat. ’’Jenis kendaraan yang menggunaka­n produk kami adalah sedan dan SUV. Mayoritas permintaan dari Surabaya dan Malang,’’ tuturnya. (car/c18/sof)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia