Jawa Pos

Muncul Tuntutan Rilis Versi Utuh Zack Snyder

-

LOS ANGELES – Ketakutan para petinggi Warner Bros. jadi kenyataan. dan sentimen awal terhadap

yang bernada positif dihajar habis-habisan oleh kritikus. Sejak

merilis rating Justice League pada Kamis malam (yang hanya 43 persen), kepercayaa­n publik langsung turun. Hasilnya tampak di box office.

Film berbujet USD 300 juta tersebut (setara Rp 4 triliun) itu hanya meraup USD 96 juta (sekitar Rp 1,299 triliun) di AS selama akhir pekan lalu. Itu jauh dari target studio yang sebenarnya sudah tidak berharap banyak. Mereka memproyeks­ikan film besutan Zack Snyder tersebut meraih USD 100 juta atau setara Rp 1,49 triliun. Ternyata, perolehann­ya masih di bawah itu.

”Jalan menuju box office sesungguhn­ya baru akan berlangsun­g pada pekan Thanksgivi­ng mendatang (mulai Kamis 23/11, Red),” kata Presiden Distribusi Domestik Warner Bros. Jeff Goldstein, berusaha menutupi kekecewaan.

Untung, di luar negeri pendapatan Justice League lebih baik. Hingga kemarin (20/11), film tersebut mencetak USD 185,5 juta (Rp 2,51 triliun) . Faktanya, moviegoers yang sudah nonton Justice League memberi respons lumayan bagus. Tidak luar biasa seperti Wonder Woman, tapi jelas peningkata­n jika dibandingk­an dengan Batman v Superman: Dawn of Justice. ”Audiens rata-rata memberikan penilaian empat dari lima bintang,” jelas analis media ComScore Paul Dergarabed­ian.

Jika ada yang kecewa, itu disebabkan kelemahan editing dari Joss Whedon. Whedon memang mengambil alih proses pascaprodu­ksi setelah Snyder mundur dari kursi sutradara karena tragedi keluarga. Kini banyak fans yang menuntut Warner Bros. merilis versi utuh Snyder. Mereka membuat petisi di Change.org.

Petisi yang dicetuskan Roberto Mata, fans asal Puerto Rico, itu hingga kemarin telah didukung lebih dari 51 ribu fans. Dia menilai film yang cuma berdurasi dua jam tersebut melecehkan visi Snyder yang kompleks. Di laman petisi, Mata merilis beberapa yang diisukan dipotong dari Di antaranya, kemunculan Iris West (Kiersey Clemons), pacar Barry Allen ( Ezra Miller). ( Variety/ Deadline/Forbes/fam/c6/na)

 ??  ?? Review Justice League Rotten Tomatoes
Review Justice League Rotten Tomatoes
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? scene final cut Justice League.
scene final cut Justice League.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia