Jawa Pos

ENJ 2017 Misi Terakhir KRI Dewaruci

-

JAKARTA – Empat kapal yang membawa 700 peserta Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) seri Sail Sabang diberangka­tkan dari dermaga Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin (20/11). Menko Kemaritima­n Luhut Binsar Pandjaitan memimpin langsung upacara pelepasan ekspedisi itu.

ENJ 2017 merupakan seri kesembilan dari rangkaian ENJ yang diselengga­rakan sejak 2009. Pelayaran bersama para pelajar dan taruna TNI-AL itu ditujukan ke daerah-derah yang memiliki potensi sumber daya dan pariwisata laut.

Yang istimewa, ENJ kali ini menggunaka­n kapal latih tiang tinggi ( high mast) terbaru milik TNI-AL, KRI Bima Suci. Bima Suci bersama-sama dengan saudara tuanya, KRI Dewaruci yang telah menjadi kapal latih taruna TNI-AL lebih dari 60 tahun. Mengiringi dua kapal layar itu dua landing platform dock (LPD) milik TNI-AL. Yakni KRI Banda Aceh dan KRI dr Soeharso.

Luhut mengungkap­kan, ENJ kali ini bakal menjadi per ja lanan terakhir KRI Dewaruci dalam mengemban misi menjadi duta budaya bangsa. Selama 64 tahun, Dewaruci telah mengunjung­i ratusan kota di dunia untuk memperkena­lkan Indonesia. Luhut bercerita, pada 1967 dirinya masih seorang taruna Akabri saat berlayar dengan KRI Dewaruci. ”Sekarang saya di sini untuk memimpin upacara terakhirny­a, sungguh membanggak­an,” kata Luhut. (tau/c11/oki)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia