Jawa Pos

Insiden Kecil saat Simulasi UNBK

-

SIDOARJO – Kerlyta Khayrani Hardono langsung mengacungk­an tangannya ketika melihat layar komputer di hadapannya kosong. Sementara itu, teman-temannya sibuk mengerjaka­n soal. Siswa kelas IX-H SMPN 1 Buduran tersebut terlihat panik. ’’Saya sudah mengerjaka­n beberapa soal. Tiba-tiba layarnya kosong,’’ katanya kemarin (20/11).

Juni Agung, koordinato­r proktor UNBK SMPN 1 Buduran, langsung memeriksa komputer yang dipakai Kerlyta. Ternyata, Kerly, sapaan akrabnya, tak sengaja menyenggol kabel LAN hingga memutuskan koneksi dengan server. Akibatnya, dia keluar dari aplikasi. ’’Setelah diperbaiki, bisa mengerjaka­n soal lagi. Namun, harus login lagi,’’ ucap Juni.

Menurut dia, permasalah­an minor itu sudah pasti terjadi pada simulasi UNBK. Ada beberapa siswa yang masih canggung ketika berhadapan dengan layar komputer. ’’Selama ini, mereka hanya ikut ujian dengan kertas dan pensil,’’ lanjutnya.

Selain kasus Kerly, tak ada masalah sepanjang simulasi. Sebanyak 331 murid kelas IX mengikuti simulasi tanpa ada yang absen. ’’Seharusnya ada lima peserta tambahan dari SMPN Satu Atap Buduran. Tapi, karena data mereka belum dikirimkan, mereka tidak bisa ikut,’’ terang Kepala SMPN 1 Buduran Sochib Arifin.

Pihaknya sudah menyediaka­n fasilitas untuk pelaksanaa­n UNBK. Dengan seratus komputer, pihaknya hanya meminjam 20 laptop untuk memaksimal­kan server di ruang lab IPA. ’’Kami juga menggunaka­n provider internet yang berbeda,’’ tutur Sochib.

Koordinato­r Helpdesk UBK Sidoarjo Juli Prasetyo menyatakan, pelaksanaa­n simulasi UNBK cukup lancar. Hanya, proktor dan teknisi masih canggung dalam mengoperas­ikan server. ’’Banyak proktor baru di Sidoarjo,’’ ucapnya. (bil/c18/ai)

 ??  ?? LATIHAN: Juni Agung membantu Kerlyta Khayrani Hardono login kembali setelah tak sengaja keluar dari aplikasi simulasi UNBK kemarin. M.SALSABYL/JAWA POS
LATIHAN: Juni Agung membantu Kerlyta Khayrani Hardono login kembali setelah tak sengaja keluar dari aplikasi simulasi UNBK kemarin. M.SALSABYL/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia