Jawa Pos

Pertumbuha­n Terpacu Investasi

-

JAKARTA – Pertumbuha­n ekonomi tahun ini diprediksi mencapai 5,1–5,2 persen. Pemerintah optimistis bisa meraih proyeksi tersebut dalam sisa kurang dari dua bulan terakhir. Kinerja investasi dan ekspor-impor diharapkan mampu mengompens­asi konsumsi yang lesu.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kemenkeu Suahasil Nazara menyatakan, pertumbuha­n ekonomi memang melambat dalam beberapa tahun terakhir. Namun, lanjut dia, capaian di atas 5 persen sudah cukup baik di tengah perekonomi­an global yang belum menentu. ”Saya rasa kita masih relatif stately,” ujarnya dalam DBS Asian Insights Conference 2017 di Hotel Mulia, Jakarta, kemarin (21/11).

Dia menambahka­n, pertumbuha­n ekonomi pada kuartal ketiga yang mencapai 5,06 persen sudah cukup baik meski di bawah proyeksi pemerintah. Begitu juga konsumsi rumah tangga yang tumbuh melambat 4,93 persen, tapi investasi naikhingga­7,1persen.”Pertumbuha­n investasi ini adalah sinyal yang sangat baik. Sebab, itu berarti sudah ada minat investasi,” katanya. Dia juga menggarisb­awahi ekspor yang tumbuh 17 persen dan impor terakseler­asi 15 persen. ”Artinya, kegiatan perkonomia­n mulai berjalan,” tambahnya.

Ekonom Muhammad Chatib Basri memproyeks­ikan pertumbuha­n ekonomi 2018 bisa men- capai 5,2–5,3 persen. Berbeda dengan target awal pemerintah yang sempat menyebut 5,4 persen. ”Sekarang situasi eksternaln­ya jauh lebih baik. Karena itu, Filipina dapat tumbuh 6,9 persen di kuartal ketiga, Vietnam bisa 7,5 persen. Kita harus manfaatkan momentum ini,” tutur mantan menteri keuangan tersebut.

Menurut dia, pemerintah membutuhka­n waktu untuk menaikkan tingkat pertumbuha­n konsumsi yang saat ini jumlahnya belum terlalu signifikan. Meski tingkat pertumbuha­n ekonomi secara umum dipandang baik, dampaknya terhadap konsumsi tidak bisa langsung dirasakan. Jedanya hingga setahun. (agf/c16/sof)

 ?? ADI WEDA/EPA-EFE ?? AKSELERASI: Pekerja di proyek konstruksi di Jakarta kemarin. Investasi swasta diharapkan mampu mengompens­asi lesunya konsumsi. Ekonomi tahun ini diperkirak­an tumbuh hingga 5,1 persen.
ADI WEDA/EPA-EFE AKSELERASI: Pekerja di proyek konstruksi di Jakarta kemarin. Investasi swasta diharapkan mampu mengompens­asi lesunya konsumsi. Ekonomi tahun ini diperkirak­an tumbuh hingga 5,1 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia