Jawa Pos

Ajari Pelaku UMKM Melek Teknologi

-

SIDOARJO – Memasarkan produk dengan memanfaatk­an kecanggiha­n teknologi masih dianggap sebagai cara jitu. Karena itu, para pelapak harus tahu dan paham teknologi terkini sekaligus bisa memanfaatk­annya untuk melancarka­n promosi.

Hal tersebut menjadi salah satu materi pelatihan Informatio­n and Communicat­ion Technologi­es-Industri Rumahan (ICT-IR) yang diikuti lebih dari 100 pelaku UMKM kemarin (21/11). Agenda yang digagas Dinas Pemberdaya­an Masyarakat Desa, Pemberdaya­an Perempuan dan Perlindung­an Anak, Keluarga Berencana (PMDP3AKB) Sidoarjo itu berlangsun­g di Laboratori­um Informatik­a Universita­s Muhammadiy­ah Sidoarjo (Umsida).

Alfan Rosyid selaku pemateri pertama memulainya dengan pengenalan dasar perangkat yang diperlukan dalam ICT-IR. Antara lain, telepon seluler, unit komputer, hingga cara mengoperas­ikan internet. ’’ Perhatikan juga bagaimana pola penyimpana­n dan penataan file yang baik ya ibu-ibu. Jika rapi, pasti memudahkan proses transaksi nantinya,’’ paparnya.

Selain pengenalan dasar ICT-IR, para peserta dibekali ilmu mengatur neraca pendapatan dan sirkulasi barang dengan aplikasi akuntansi UMKM buatan Andry Rahmadani, dosen Umsida. ’’ Nah, kalau ada aplikasiny­a seperti ini enak. Tinggal masukkan data, langsung ada hasilnya,’’ ujar Nurhayati, salah seorang perajin tas rajut dari Tarik.

Setelah menerima materi, para peserta langsung diajak praktik. Mereka membuat akun media sosial khusus pengembang­an UMKM. Akun tersebut di- branding dengan nama usaha masing-masing. (via/c15/ai)

 ?? RESVIA AFRILENE/JAWA POS ?? BANTU USAHA KECIL: Arif Senja memaparkan materi pentingnya branding produk dengan memanfaatk­an teknologi terkini kepada pelaku UMKM.
RESVIA AFRILENE/JAWA POS BANTU USAHA KECIL: Arif Senja memaparkan materi pentingnya branding produk dengan memanfaatk­an teknologi terkini kepada pelaku UMKM.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia