Jawa Pos

Ajari Lawan Perundunga­n

-

SOLO – Dari Jogjakarta berlanjut ke Solo.

For Her Tangkis Bersama Antangin JRG menyinggah­i SMP Tarakanita Solo Baru pada Selasa (21/11). Ratusan siswa dari kelas VII sampai IX diajak untuk mengikuti materi yang disampaika­n. Tiga tema utama Tangkis dibahas bersamaan. Yaitu, cegah kekerasan seksual pada anak, anti-perundunga­n, dan internet sehat. ”Belajar tidak hanya di kelas. Di sini kita belajar tentang tiga hal yang dekat sekali dengan kehidupan kalian,” kata Kepala SMP Tarakanita Solo Baru Agustinus Edy Susanto dalam sambutanny­a.

dibuka dengan penampilan ekskul band SMP Tarakanita yang membawakan beberapa lagu penghangat suasana. Disambung materi sosialisas­i yang diberikan psikolog dari Universita­s Sebelas Maret (UNS) Laelatus Agustina.

”Ada perbedaan antara perundunga­n, bercanda, dan bertengkar. Bercanda, kedua pihak senang dan semua pihak setara. Berbeda dengan perundunga­n, salah satu pihak disakiti dengan sengaja dalam waktu yang lama. Kalau bertengkar, semua pihak merasa marah dan sama-sama kuat,” terang perempuan yang biasa disapa Latus itu.

Latus menjelaska­n berbagai bentuk dan macam perundunga­n dengan dilengkapi berbagai kasus nyata yang diketahuin­ya. Dia juga memberikan cara ampuh mengatasi perundunga­n. ”Bagaimana cara biar tidak di- bully? Bilang saja kepada mereka kalau apa yang dikatakan itu benar. Pelaku perundunga­n ingin merasa lebih dari korban. Kalau itu sudah tercapai, ya sudah,” sambung Latus.

Pada sesi tanya jawab, para siswa menyambut antusias. Mereka mengajukan berbagai persoalan yang ingin mereka ketahui solusinya. Suasana semakin meriah saat panitia mengobral hadiah bagi peserta yang berani maju ke atas panggung.

Pada sesi kedua, road show dilanjutka­n dengan pertemuan bersama orang tua. Materinya masih sama, tetapi dibahas dari sudut pandang orang tua dalam menyikapi perkembang­an zaman. ”Orang tua zaman now harus punya rasa ingin tahu yang lebih besar daripada orang tua dulu. Hampir semua anak kita punya media sosial. Di sana mereka berinterak­si dengan temanteman­nya dan kita harus tahu apa yang mereka lakukan,” ungkap Latus.

Sementara itu, Brand Activation Area Jateng Antangin Hengki Dwi Nurcahyo mengapresi­asi terselengg­aranya acara tersebut. Pihaknya mendukung penuh kampanye Tangkis. ”Kami bergerak di bidang kesehatan dengan membuat produk unggulan agar anak-anak Indonesia bisa mencapai cita- citanya. Road show ini membantu kami mewujudkan misi tersebut,” tegasnya. (aya/c6/ayi)

 ??  ?? Road show Road show
Road show Road show
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia