Jawa Pos

Les Monegasque­s Terjun Bebas

-

MONACO – Sepertinya, baru kemarin AS Monaco mengejutka­n sepak bola Eropa seiring menjuarai Ligue 1 dan finis sebagai semifinali­s Liga Champions. Tetapi, kebijakan penjualan sederet pemain pilar membuat Les Monegasque­s berubah seperti tim ayam sayur musim ini.

kelima Liga Champions kemarin dini hari WIB menjadi momen berakhirny­a kiprah Radamel Falcao dkk di Eropa musim ini. Di Stade Louis II, Monaco menyerah 1-4 dari tim debutan Liga Champions musim ini, RB Leipzig. Kekalahan itu membuat Monaco terpaku di posisi keempat grup G dengan dua poin.

Dengan sisa satu laga, Monaco tidak bisa mengejar perolehan poin Leipzig maupun FC Porto (sama-sama 7 poin). Artinya, finis peringkat ketiga (berlanjut ke fase knockout Liga Europa) pun tidak memungkink­an. Di sisi lain, pemuncak klasemen, Besiktas (11 poin), sudah memastikan lolos sekaligus mengunci posisi juara grup.

Hengkangny­a Kylian Mbappe, Benjamin Mendy, Bernardo Silva, dan Tiemoue Bakayoko tidak bisa dipungkiri gagal ditutup oleh rekrutan baru Monaco. Antara lain, Stevan Jovetic (Inter Milan), Keita Balde (Lazio), Rachid Gezzal (Olympique Lyon), Youri Tielemans (Anderlecht), dan Terence Kolongo (Feyenoord).

’’Sepak bola selalu memiliki siklus dan kami harus menaruh respek untuk perputaran tersebut. Mungkin setelah ini pemain dan klub mengembang­kan diri serta mempersiap­kan diri lebih bagus untuk musim depan,’’ ucap pelatih Monaco Leonardo Jardim sebagaiman­a dilansir L’Equipe. Pelatih 43 tahun itu pun berharap anak asuhnya segera melupakan Eropa dan mengalihka­n fokus ke Ligue 1. Sampai journee ke-13, Monaco masih menguntit pemuncak klasemen PSG dengan selisih enam poin (2935). ’’Musim ini belum berakhir bagi kami,’’ kata bek Monaco Kamil Glik di situs resmi UEFA. Glik menyangkal hasil buruk Monaco di Liga Champions musim ini semata karena hilangnya Mbappe, Silva, Bakayoko, maupun Mendy dalam skuad. ’’Kami tidak memiliki lagi kolektivit­as seperti musim lalu. Ka mi juga membuat ba- nyak kesalahan,” ujar bek timnas Polandia tersebut. ’’ Yang paling penting, kami menata diri lagi untuk kembali ke Liga Champions musim depan,’’ imbuhnya. ( dra/c20/dns)

 ?? GRAFIS: ANDREW WILLY/JAWA POS-FOTO: AFP PHOTO / VALERY HACHE ??
GRAFIS: ANDREW WILLY/JAWA POS-FOTO: AFP PHOTO / VALERY HACHE
 ?? CARLO HERMANN/AFP ?? Matchday
CARLO HERMANN/AFP Matchday

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia