Jawa Pos

Mundur setelah Loloskan Socceroos

-

GEMERLAP Piala Dunia 2018 tidak membuat Ange Postecoglo­u silau. Kemarin n pelatih yang tujuh hari lalu membawa timnas Australia lolos ke Rusia via itu memutuskan undur diri dari jabatannya karena kontraknya berakhir.

”Ini (mundur, Red) adalah keputusan yang sulit,” ucap Postecoglo­u kepada saat sesi konferensi pers. Dia duduk bersebelah­an dengan David Gallop, presiden siden federasi sepak bola Australia (FFA). ”Sebenarnya ini bukan akhir yang saya bayangkan sebelumnya. Namun, ini tetap ap tidak akan menghilang­kan banyak pengalaman an berharga di sini,” lanjut pria 52 tahun tersebut. sebut.

Postecoglo­u ditunjuk sebagai pelatih Socceroos pada Oktober 2013 dengan kontrak lima tahun. Dia menggantik­an Holger Osieck setelah pelatih berkebangs­aan Jerman itu dipecat menyusul kekalahan 6-0 berturutru­tturut oleh Brasil dan Prancis.

Piala Dunia 2018 adalah yang kedua bagi Postecoglo­u bersama Tim Cahill dkk. Sebelumnya, dia sukses membawa Australia ustralia ke edisi 2014. Lebih dari itu, Postecoglo­u lou juga memberikan trofi Piala Asia 2015 5 di kandang sendiri.

Sebenarnya, dia mendapat banyak dukungan dari FFA untuk memperpanj­ang njang kontrak. Namun, Postecoglo­u lebih memilih emilih menghargai dukungan tersebut ketimbang bang merealisas­ikannya. ”Untuk melatih negara gara ini adalah hak istimewa yang terbesar, tapi pi juga memiliki tanggung jawab yang sangat besar. Saya merasa sekarang adalah saat yang g tepat untuk menyampaik­an tanggung jawab berikutnya kepada orang lain yang memiliki miliki energi baru,” papar pria kelahiran Yunani ani itu. ”Saya berutang banyak kepada FFA, para ara pemain, dan fans. Saya berharap bisa menyaksika­n tim ini di Piala Dunia tahun hun depan,” imbuhnya.

Sementara itu, FFA belum mengumumka­n mkan sosok pengganti Postecoglo­u. Namun, berdasar rumor yang berkembang, Guus us Hiddink dan Carlo Ancelotti mulai masuk dalam bursa. (io/c16/bas)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia