Jawa Pos

Dua Direktur PDPS Tidak Tahu

Soal Pinjaman Rp 13,4 M dari BRI

-

SURABAYA – Direktur Pembinaan Pedagang (DPP) sekaligus Plt Direktur Administra­si Keuangan (DAK) Nurul Azzah dan Direktur Teknik (Dirtek) Zandi Ferryansa akhirnya menjelaska­n dugaan korupsi di PD Pasar Surya.

Meski belum dipanggil kejaksaan, Azzah terus aktif mencari faktafakta untuk mendukung pemeriksaa­n. PDPS melakukan audit melalui satuan pengawas internal (SPI). Setiap temuan dilaporkan ke inspektora­t pemkot. ”Banyak yang kami temukan. Sekarang saya jelaskan yang pinjaman dari BRI dulu,” kata Azzah saat ditemui di kantor PDPS kemarin (22/11). Ferry hadir dalam pertemuan itu.

Pinjaman Rp 13,4 miliar dari BRI tersebut jadi masalah karena tidak melalui persetujua­n wali kota. Duit itu dipinjam oleh koperasi PDPS untuk membeli stan di Pasar Keputran dan Kapasan. Stan yang telah dibeli lantas disewakan lagi ke pedagang dengan cara diangsur.

Sebelumnya, Ketua Koperasi PDPS Suheri menerangka­n bahwa uang tersebut tidak berkurang sama sekali. Sebab, uang itu berada di rekening perusahaan yang diblokir Direktorat Jenderal Pajak (DJP) April lalu.

Pernyataan Suheri tersebut membuat Azzah heran. Sebab, uang yang ada di rekening itu sebenarnya duit revitalisa­si pasar sebesar Rp 15 miliar. Uang tersebut belum dibayarkan ke kontraktor. Sedangkan total saldo di rekening itu Rp 17 miliar. Artinya, uang nonrevital­isasi pasar hanya Rp 2 miliar. Lalu, ke mana uang pinjaman dari BRI? ”Itu yang sedang kami cari tahu,” jelas Azzah.

PDPS bersurat ke Kantor Cabang BRI Mulyosari. PDPS menanyakan detail transaksi yang terjadi pada rekening perusahaan. Namun, hingga kini belum ada balasan. PDPS lantas mengirim surat ke BRI pusat dengan harapan ada kejelasan.

Selama ini Azzah dan Ferry tidak dilibatkan dalam transaksit­ransaksi tersebut. Karena itu, mereka tidak mengetahui ke mana aliran dana dari BRI tersebut. Kabag Keuangan PDPS Arief Subakti seharusnya mengetahui aliran dana itu. Namun, saat ditanya, Arief mengaku tidak tahu-menahu. (sal/c7/oni)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia