Jawa Pos

Tenggat Mepet, Masih Cor Lantai

-

SIDOARJO – Sejumlah pekerja sibuk mengecor lantai Pasar Wonoayu yang sedang direvitali­sasi kemarin (22/11). Pengerjaan proyek yang dibangun dengan suntikan dana dari pemerintah pusat itu memang ditargetka­n selesai akhir bulan ini.

Berdasar pantauan di lapangan, sejumlah kios dan bangunan baru sudah tegak berdiri. Selain penambahan kios, pasar di Jalan Raya Wonoayu tersebut kini dilengkapi dengan musala dan jaringan air PDAM. ’’Sebentar lagi semua selesai,’’ kata Kabid Pasar Dinas Perindustr­ian dan Perdaganga­n (Disperinda­g) Sidoarjo Nawari kemarin.

Pembanguna­n pasar tersebut merupakan salah satu program pusat. Yaitu, gerakan Ayo Kembali Belanja ke Pasar Tradisiona­l. Ada banyak pasar tradisiona­l yang direvitali­sasi pemerintah pusat di berbagai daerah. Salah satunya adalah Pasar Wonoayu di Sidoarjo. Dana yang dikucurkan mencapai Rp 6,6 miliar.

Tampilan Pasar Wonoayu diperbarui. Mulai lantai, kios, hingga atap. Namun, tidak ada penambahan lantai. Pasar itu tetap dibangun satu lantai seperti kondisi sebelumnya.

Pedagang yang nanti menggelar dagangan di Pasar Wonoayu disesuaika­n dengan data pemkab. Tercatat, ada 53 pedagang di Pasar Wonoayu lama. Untuk sementara, mereka beralih ke tempat penampunga­n di sekitar pasar. Setelah revitalisa­si tuntas, mereka bakal kembali menempati kios masing-masing.

Dalam program revitalisa­si tersebut, total ada 100 kios yang dibangun. Artinya, terdapat 47 kios baru. Kios-kios itu dipersiapk­an bagi pedagang baru lewat pendataan yang sudah dilakukan disperinda­g. (jos/c14/pri)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia