Jawa Pos

Evolusi Baru Segmen SUV

-

JAKARTA – Pasar otomotif nasional saat ini memang stagnan. Meski begitu, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat ada tren peningkata­n selama sepuluh tahun terakhir. Kondisi tersebut membuat agen pemegang merek (APM) tetap optimistis memperkena­lkan produk-produk baru.

’’Penjualan otomotif meningkat pesat sejak sepuluh tahun belakangan ini. Sejak 2006 hingga 2016, penjualan naik tiga kali lipat. Dari sekitar 300 ribu menjadi 1,06 juta unit,’’ ujar Vice President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman M.R. dalam peluncuran All New Terios di Grand Ballroom Hotel Kempinski kemarin (23/11).

Begitu pula mengenai peluncuran All New Terios. Sudirman menyebutka­n bahwa pasar sport utility vehicle (SUV) juga mengalami peningkata­n. Pasar SUV medium meningkat dari hanya berkontrib­usi 2 persen pada 2006 menjadi 11 persen pada 2016. ’’Kenaikan itu tidak lepas dari hadirnya mobil kolaborasi Daihatsu Terios dan Toyota Rush. Kami optimistis produk baru tersebut kembali booming,’’ katanya.

Sejak diluncurka­n pada 2006, Terios mengalami tiga kali perubahan minor. Yakni, pada 2010, 2013, dan 2015. Kini, setelah satu dekade hadir di tanah air, SUV medium berkapasit­as tujuh penumpang itu berubah drastis dengan desain dan mesin baru yang mengedepan­kan kebutuhan konsumen Indonesia. ’’Selain tangguh, All New Terios hemat bahan bakar,’’ tegasnya.

Sementara itu, Toyota mencoba untuk mendulang kontribusi penjualan lewat segmen LSUV. Kemarin (23/11) All New Rush diperkenal­kan kepada publik sekaligus menjadi world premiere launching di Indonesia.

Vice President Director Toyota Astra Motor Henry Tanoto mengungkap­kan, selama ini Rush menyumbang sekitar 5 persen dari keseluruha­n penjualan Toyota. ”Untuk yang Rush baru ini, targetnya ada di kisaran 2.500 sampai 3.000 unit per bulan,” ujar Henry ditemui saat launching di Hotel Westin Jakarta kemarin.

TAM cukup optimistis All New Rush yang mengalami full model change bisa kompetitif. ”Konsumen LSUV mengingink­an kendaraan yang lebih stylish, tapi fungsi-fungsi dasarnya tetap ada. Selain itu, kategori progressiv­e family ingin kendaraan yang lebih luas dan panjang,” papar Henry.( tih/wir/agf/c22/c7/fal)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia