Jawa Pos

Rp 70,3 M untuk Atasi Sampah Manado

-

MANADO – Masalah sampah menjadi perhatian serius Pemkot Manado. Tidak tanggung-tanggung, mereka tahun ini mengalokas­ikan anggaran Rp 70,3 miliar untuk mengatasi problem tersebut.

Kepala Bapelitban­g Kota Manado Dr Liny Tambajong memaparkan, anggaran itu sudah ditata di APBD dan diarahkan ke 11 kecamatan serta Dinas Lingkungan Hidup Kota Manado. ’’Ada sejumlah program prioritas pemkot. Di antaranya, pembanguna­n tempat pembuangan sampah terpadu (TPST) 3R di 11 kecamatan hingga gaji petugas kebersihan yang dihitung sesuai upah minimum regional (UMR) Rp 2,8 juta per bulan,’’ ungkapnya.

Dia menjelaska­n, besarnya anggaran kebersihan merupakan bukti komitmen Pemkot Manado dalam menciptaka­n kota bersih dan asri. ’’Dengan anggaran sebesar ini, pemerintah kota berharap penanganan kebersihan di 11 kecamatan dapat maksimal. Tentu dengan pengawasan berjenjang. Mulai lurah sampai kecamatan,’’ ungkapnya.

Secara terpisah, Ketua DPRD Kota Manado Nortje Van Bone meminta anggaran kebersihan yang begitu besar harus sesuai realitas di lapangan. ’’Jangan ada lagi kelurahan dan kecamatan kotor. Sebab, masingmasi­ng sudah memiliki petugas yang menyapu jalan dan tim gorong-gorong,’’ ujarnya.

Ketua DPRD juga meminta petugas sampah, mulai pengangkut sampah, penyapu jalan, sampai tim gorong-gorong, bekerja maksimal karena sudah digaji sesuai UMR. ’’Jangan ada lagi yang hanya bekerja setengah hari. Bekerjalah sesuai tanggung jawab dari pagi sampai sore untuk mengawal kebersihan di Kota Manado,’’ paparnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia