Jawa Pos

Upin-Ipin kok Disebut Agresi Israel

-

ENTAH apa salah kartun Upin dan Ipin. Film besutan rumah produksi asal Malaysia itu dihasut sebagai penghancur agama Islam. Menurut si pembuat hoax, dalam bahasa Amerika, Upin dan Ipin berarti ”Aku Benci Rasul” dan ”Aku Suka Israel”.

”Tahukah anda sebenarnya film kartun Upin dan Ipin merupakan rancangan Yahudi untuk menghancur­kan Islam,” tulis pesan hoax tersebut. Menurut mereka, Upin dan Ipin diluncurka­n setelah kartun Doraemon, Pokemon, Digimon, dan lain-lain gagal menghancur­kan Islam.

”Perlu kalian ketahui, jangan mengucapka­n upin atau uffin. Karena upin dalam bahasa amerika artinya: Aku Benci Rasul (Maaf Ya Allah). Dan ucapkan Ariffin jangan Ipin, karena Ipin sendiri artinya Aku Suka Israel (Maaf Ya Allah)”. Menurut si pembuat hoax, huruf U di baju Upin bermakna USA . Sedangkan huruf I pada baju Ipin bermakna Israel.

Ternyata yang dimaksud si pembuat pesan bukanlah bahasa Amerika, tapi bahasa Aramaic. Bahasa Aramaic atau bahasa Aram ialah bahasa semitik yang pernah digunakan berbagai kekaisaran serta bahasa kegiatan upacara keagamaan.

Dalam situs translate Glosbe yang menyediaka­n penerjemah­an bahasa Aramaic, ternyata tak ditemukan arti Upin. Hal yang sama terjadi untuk kata Ipin atau Ippin. Hasilnya nihil.

Yang pasti, kartun Upin dan Ipin diproduksi oleh Les’ Copaque. Rumah produksi itu berkantor di Shah Alam, Selangor, Malaysia. Dikutip dari situs resminya, Les’ Copaque didirikan oleh Haji Burhanuddi­n Md Radzi (managing director) dan Hajah Ainon Ariff (chief content director). Ah tega benar ya, pemiliknya saja Pak Haji dan Bu Hajah, kok disebut ingin menghancur­kan Islam.

Selain tayang di Malaysia dan Indonesia, kartun Upin dan Ipin disiarkan oleh televisi Turki. Entah dari mana si pembuat hoax mengarang cerita tersebut. Mungkin si pembuat hoax ini sering berebut nonton televisi dengan anaknya. Jadi membuat isu agar dia bisa menang memilih channel televisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia