Jawa Pos

Urine Satu Polisi Positif

-

TERNATE – Polda Maluku Utara memerintah sejumlah anggotanya untuk menjalani tes urine kemarin (22/1). Hasilnya, urine satu anggota polisi dinyatakan positif mengandung narkoba.

Wakapolda Maluku Utara Kombespol Lukas Ari Dwiko yang diwakili Kabidhumas AKBP Hendri Badar menjelaska­n, ada enam anggota yang menjalani tes urine. Mereka terdiri atas satu perwira menengah (pamen), satu perwira pertama (pama), dan yang lainnya bintara. ”Dari hasil tes tersebut, satu terindikas­i positif, sementara yang lainnya negatif,” katanya.

Dia menjelaska­n, oknum anggota yang positif narkoba itu berpangkat bintara dan bertugas di Polda Malut. Saat ini yang bersangkut­an sudah diproses di bidang propam. Menurut Hendri, Wakapolda Kombespol Lukas memerintah­kan tes urine dilaksanak­an terus-menerus dan secara mendadak. ”Beliau (Wakapolda) sudah menegaskan bahwa tes urine akan dilakukan bertahap dan mendadak dengan cara menunjuk satu per satu anggota,” ujarnya.

Hendri menjelaska­n, tes urine tersebut sesuai dengan perintah Kapolri untuk memberanta­s narkoba di Polri. Karena itu pula, tes dilaksanak­an tanpa ada pemberitah­uan terlebih dahulu. Sebagian anggota yang ditunjuk memang telah dicurigai. ”Ketika tes urine ini dilaksanak­an dan anggota yang pernah terindikas­i itu tidak hadir, dia dijemput di rumah oleh pihak propam,” jelasnya.

Ke depan, lanjut Hendri, apabila terdapat anggota yang positif narkoba, sudah jelas dia ditindak tegas. ”Bahkan, sampai pada pemecatan. Ini sudah jelas perintah Kapolri,” tandasnya.

 ?? MAHFUD H. HUSEN/MALUT POST ?? MENDADAK: Dua polisi menyerahka­n sampel urine di Mapolda Malut kemarin. Peserta tes ditunjuk secara acak.
MAHFUD H. HUSEN/MALUT POST MENDADAK: Dua polisi menyerahka­n sampel urine di Mapolda Malut kemarin. Peserta tes ditunjuk secara acak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia