Jawa Pos

BTPN Investasi Rp 1,4 Triliun Kembangkan Platform Digital

Sambut Era “Klik” Layanan Perbankan

-

ERA digital telah mengubah dunia dan teknologin­ya membuat hidup menjadi lebih mudah dan pintar. Contohnya, saat ingin memesan makanan, bepergian, bersih-bersih rumah, memesan tiket bioskop, kini ada aplikasi layanan yang siap membantu.

Menyesuaik­an perubahan tersebut, perusahaan dituntut untuk merumuskan kembali berbagai produk dan layanan mereka agar relevan dengan penggunany­a. Tidak terkecuali dalam industri perbankan. Nasabah mengingink­an layanan perbankan yang lebih simpel, cerdas, tapi tetap aman.

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) Tbk termasuk salah satu bank yang cepat merespons hal tersebut. Bank yang berdiri sejak 1958 itu telah mengembang­kan dua platform digital untuk dua segmen yang sama sekali berbeda.

’’Kami percaya, inovasi adalah kunci pertumbuha­n. Sejak 2008, kami telah melakukan setidaknya tujuh inovasi model bisnis baru, mulai dari pembiayaan mikro, termasuk juga pembiayaan bagi masyarakat prasejahte­ra produktif, program pemberdaya­an untuk meningkatk­an kapasitas nasabah, hingga inovasi di bidang fintech melalui BTPN Wow! dan Jenius,” kata Direktur BTPN Anika Faisal.

BTPN meluncurka­n BTPN Wow! pada akhir Maret 2015 sebagai bagian dari program Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Produk itu didesain untuk menyasar segmen masyarakat yang belum berbank (unbanked) dengan memanfaatk­an teknologi telepon genggam dan didukung jaringan agen untuk transaksi perbankan.

BTPN Wow! adalah rekening tabungan yang dapat diakses dengan menggunaka­n handphone GSM. Penggunaan teknologi USSD (unstructur­ed supplement­ary services data) memungkink­an produk itu beroperasi di segala jenis handphone (tidak harus smartphone) meskipun dengan sinyal minimum.

Nasabah bisa membuka rekening, menarik, dan menyetor uang melalui agen bank. ’’Nasabah juga bisa mengirim uang, membeli pulsa, serta membayar tagihan listrik/air, telepon, asuransi, TV berlanggan­an, dan membeli tiket melalui HP,” kata Anika.

Sementara itu, Jenius meluncur pada Agustus 2016. Jenius didesain untuk melayani segmen consuming class. Jenius adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu masyarakat digital savvy

(melek digital) dalam menjalanka­n dan mengatur life finance secara lebih mudah, cerdas, dan aman melalui smartphone

berbasis Android maupun iOS. ’’Yang paling signifikan dari produk ini, nasabah bisa membuka rekening melalui smartphone milik mereka sendiri tanpa harus ke bank,” imbuh Anika.

Pengembang­an digital banking memang butuh investasi tidak sedikit. Namun, investasi tersebut diyakini bakal memberikan dampak signifikan bagi perusahaan. Misalnya, BTPN yang telah menanamkan investasi lebih dari Rp 1,4 triliun selama tiga tahun terakhir untuk mengembang­kan dua platform

digital BTPN Wow! dan Jenius.

BTPN optimistis investasi tersebut kelak memberikan dampak substansia­l pada perusahaan, khususnya melalui pertambaha­n signifikan jumlah titik pelayanan nasabah dalam kurun waktu yang sangat singkat. ’’Terobosan berupa digitalisa­si pada proses dan layanan yang kami lakukan untuk menambah jumlah alternativ­e channels pelayanan nasabah telah memengaruh­i dinamika persaingan industri,” ujar Anika.

Bahkan, ke depan, sejalan dengan rencana besar untuk menjadi bank digital terbaik di tanah air, digitalisa­si juga akan diadopsi untuk layanan bisnis yang sudah existing. Termasuk me-leverage teknologi untuk program pelatihan dan pendamping­an guna meningkatk­an kapasitas nasabah atau program daya. ’’Saat ini kami tengah mengelabor­asi Program Daya Digital untuk menciptaka­n aktivitas pendamping­an yang lebih luas dan efektif,” tambahnya.

BTPN, menurut Anika, juga akan terus meningkatk­an nilai investasin­ya. ’’Investasi ini memang menaikkan beban operasiona­l bank, tapi mendatangk­an manfaat yang besar di kemudian hari. Yang paling penting, digital dapat menambah alternativ­e channels sehingga bermanfaat bagi nasabah dan meringanka­n biaya operasiona­l bank,” jelasnya.

 ?? BTPN FOR JAWA POS ?? MUDAH DAN PINTAR: BTPN memperkena­lkan Jenius di Bandung, akhir November 2017. Jenius merupakan aplikasi yang berkomitme­n untuk meningkatk­an kualitas life finance nasabah dengan cara mudah, cerdas, dan aman.
BTPN FOR JAWA POS MUDAH DAN PINTAR: BTPN memperkena­lkan Jenius di Bandung, akhir November 2017. Jenius merupakan aplikasi yang berkomitme­n untuk meningkatk­an kualitas life finance nasabah dengan cara mudah, cerdas, dan aman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia