Jawa Pos

Masa Remaja Memanjang

-

SEKARANG ini, durasi masa remaja sepertinya memanjang. Dulu, para ilmuwan memprediks­i bahwa masa remaja berakhir pada usia 19 tahun. Namun, berbeda dengan sekarang. Usia remaja diperpanja­ng sampai umur 24 tahun.

Anak-anak muda masih melanjutka­n pendidikan­nya hingga usia tersebut. Otomatis, sebagian besar remaja menunda pernikahan. Kalau begitu, kapankah seorang remaja dikatakan sudah dewasa? Masa Pubertas

Masa ini terjadi saat bagian otak yang dikenal sebagai hipotalamu­s mulai melepaskan hormon yang mengaktifk­an kelenjar pituitari dan kelenjar gonad pada tubuh. Dulu, masa itu terjadi saat anak-anak berusia 14 tahun. Perkembang­an kesehatan dan nutrisi membuat anak-anak memasuki usia remajanya lebih cepat, yaitu sekitar usia 10 tahun.

Hal serupa terjadi di negara-negara maju. Inggris, misalnya. Selama 150 tahun terakhir, anak perempuan mendapat menstruasi pertamanya empat tahun lebih cepat daripada masa sebelumnya. Yakni, pada usia 12 atau 13 tahun.

Ada Saatnya Menikah

Menurut Kantor Statistik Nasional di Inggris dan Wales, rata-rata laki-laki memasuki usia pernikahan ketika berumur 32 tahun, sedangkan perempuan 30 tahun. Menurut Prof Susan Sawyer dari Melbourne, anak-anak sudah memasuki usia hukum pada umur 18 tahun. ’’Meskipun banyak hak istimewa, hukum dewasa berlaku saat seseorang memasuki usia 18 tahun,” terangnya.

Mengidenti­fikasi Masa Muda

Dr Jan Macvarish, sosiolog parenting dari University of Kent mengatakan, ada bahaya memperluas konsep masa remaja seperti yang dianut negara maju. Sebab, anak-anak dan remaja akan dihadapkan pada harapan masyarakat yang tinggi.

 ?? GETTYIMAGE­S ?? MUDA TERUS: Para remaja ber-wefie. Usia remaja memanjang hingga 24 tahun.
GETTYIMAGE­S MUDA TERUS: Para remaja ber-wefie. Usia remaja memanjang hingga 24 tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia