Jawa Pos

Bukan untuk Anak Muda

-

BRISTOL – Tekanan mempersemb­ahkan trofi di musim kedua, tampaknya, menjangkit­i Pep Guardiola. Buktinya, untuk berlaga di Piala Liga yang merupakan ajang prioritas terakhir bagi Manchester City, Pep hanya memberikan 18,1 persen kesempatan bermain bagi para pemain muda.

Menyongson­g leg kedua semifinal melawan Bristol City di Ashton Gate dini hari nanti WIB misalnya. Hanya Oleksandr Zinchenko satu-satunya pemain muda yang berpeluang besar bermain sebagai starter.

Itu pun lebih disebabkan Pep minim opsi setelah Fabian Delph mengikuti Benjamin Mendy masuk ruang medis karena cedera. Zinchenko sudah enam kali mendapat menit bermain dari Guardiola musim ini.

Itu termasuk pilihan utama dalam tiga laga terakhir di Piala Liga. Akhir pekan lalu (20/1), pemain 21 tahun asal Ukraina itu juga menjalani debut starter dalam kemenangan 3-1 The Citizens atas Newcastle United di Premier League.

’’Saya cuma menanti kapan kesempatan saya tiba dan saya menjawabny­a di lapangan,’’ kata Zinchenko yang sudah dua kali dimainkan City di Premier League kepada Manchester Evening News. Zinchenko lebih beruntung jika dibandingk­an dengan Brahim Diaz, Phil Foden, maupun Lukas Nmecha yang baru sekali dimainkan di Premier League. Juga Tosin Adarabioyo dan Tom DeleBashir­u yang malah belum mencicipi atmosfer kompetisi teratas Inggris tersebut. Bahkan, Foden, Diaz, Nmecha, Adarabioyo, plus Bersant Salina siap ’’disekolahk­an’’ City ke Bristol. Itu seiring dengan adanya kerja sama antara klub milik Sheikh Mansour tersebut dan The Robins. ’’Saya melihat antara City dan Bristol punya kesamaan di sisi filosofi bermain. Itulah alasan klub ini saya anggap cocok untuk mereka (pemain muda City) dibandingk­an ke klub luar Inggris,’’ kata Pep sebagaiman­a dikutip Daily Mail. Sebelumnya, City memang lebih sering meminjamka­n pemain mudanya ke klub luar Inggris.

Adanya kerja sama itu pun diyakini membuat pemenang laga di Ashton Gate dini hari nanti sudah bisa ditebak. Terlepas City hanya unggul 2-1 dalam pertemuan pertama alias Bristol bisa lolos ke final dengan kemenangan 1-0.

 ??  ?? YOUNG GUNS: Oleksandr Zinchenko berpeluang turun starter saat Manchester City menghadapi Bristol City di Ashton Gate dini hari nanti WIB.
YOUNG GUNS: Oleksandr Zinchenko berpeluang turun starter saat Manchester City menghadapi Bristol City di Ashton Gate dini hari nanti WIB.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia