Jawa Pos

Gracia versus Ancaman Pozzo

-

WATFORD – Pep Guardiola berpeluang menjadi Spaniard pertama yang memenangka­n gelar Premier League musim ini. Pelatih Newcastle United Rafael Benitez juga pernah enam tahun (2004–2010) menangani Liverpool. Tapi, Javi Gracia jelas tidak berada di level yang sama dengan Pep dan Benitez.

Gracia resmi menggantik­an Marco Silva sebagai tactician Watford kemarin WIB (22/1). Dia menyusul Pep dan Benitez sebagai pelatih berkebangs­aan Spanyol ketiga di Premier League musim ini atau yang kesebelas dalam sejarah Premier League.

Namun, kecuali Pep dan Benitez, pelatih-pelatih Spanyol lebih akrab dengan pemecatan dalam satu dekade terakhir. Sebut saja Juande Ramos (Tottenham Hotspur), Pepe Mel (West Brom), Roberto Martinez (Everton), Aitor Karanka (Middlesbro­ugh), dan Quique Sanchez Flores yang didepak Watford dua musim lalu.

Lalu, apa modal Gracia untuk mendongkra­k Watford yang kini menempati peringkat kesepuluh? ”(Pengalaman) di Rubin Kazan membuat saya yakin bisa menikmati kompetisi di Inggris,’’ ucap pelatih 47 tahun tersebut dalam wawancaran­ya dengan Sky Sports.

Gracia juga tidak takut dengan tradisi Gino Pozzo selaku pemilik Watford yang doyan memecat pelatih. Sejak menguasai The Hornets pada musim 2012–2013, Pozzo memberhent­ikan delapan pelatih. Itu termasuk Flores yang sejatinya mampu mendaratka­n Watford di peringkat ke-13, peringkat terbaik The Hornets di Premier League, pada musim 2015– 2016.(ren/c18/dns)

 ?? CRISTINA QUICLER/AFP ?? TIDAK MUDAH: Javi Gracia telah ditunjuk sebagai pelatih baru Watford untuk menggantik­an Marco Silva.
CRISTINA QUICLER/AFP TIDAK MUDAH: Javi Gracia telah ditunjuk sebagai pelatih baru Watford untuk menggantik­an Marco Silva.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia