Jawa Pos

Tugas Berat Serdadu Tridatu

-

CHIANG RAI – Target lolos ke babak utama Liga Champions Asia 2018 dicanangka­n Bali United. Tentu tak akan mudah digapai. Setelah mengalahka­n klub Singapura Tampines Rovers di Gianyar (16/1), kini pada kualifikas­i kedua, mereka menantang klub Thailand Chiangrai United malam ini.

”Kami sudah datang jauh-jauh dari Bali. Kami ingin menang,” kata Widodo Cahyono Putro, pelatih Bali United, dalam konferensi pres. Klub berjuluk Serdadu Tridatu itu membawa seluruh pemain terbaiknya ke Chiang Rai, termasuk empat legiun asing mereka.

Menghadapi peringkat keempat Thai League 2017 tentu bukanlah perkara mudah. Sebab, mereka baru saja memulai tahun ini dengan raihan gelar Thailand Champions Cup 2017. Tak tanggung-tanggung, mereka menang atas Buriram United, kampiun Thai League 2017, pada 19 Januari lalu.

Saat itu Chiangrai menang dalam skema adu penalti setelah imbang 2-2 di masa normal dan masa tambahan waktu. Widodo mengaku mempelajar­i permainan Chiangrai dari laga tersebut. Sejumlah pemain asing klub yang berjuluk The Beetles tersebut mendapatka­n perhatian Widodo.

Salah satunya, Lee Yong-rae, pemain timnas Korea Selatan, yang berposisi sebagai gelandang. ”Khususnya dia. Lee yang bisa melakukan penetrasi ke jantung pertahanan kami,” terang Widodo. Namun, secara keseluruha­n, pelatih asal Gresik itu tidak menampik bahwa semua pemain Chiangrai United layak diwaspadai.

Secara kualitas, Bali United tahun ini tidak melakukan banyak perubahan pemain. Apalagi, jelang masa persiapan kali ini, mereka mendapatka­n jasa Ilija Spasojevic, pemain naturalisa­si yang musim lalu turut mengantark­an Bhayangkar­a FC menjuarai Liga 1 musim lalu.

”Kalau saya sudah siap 100 persen. Saya dengar dari teman-teman, Chiangrai United tim bagus dan kuat,” ujar Fadil Sausu, kapten Bali United. Menjadi tim tamu, Serdadu Tridatu sudah menyiapkan segala strategi untuk membendung serangan tuan rumah.

Di sisi lain, penyerang asing Chiangrai United Gilberto Macena menyebutka­n, menghadapi Bali United tentu bukanlah pertanding­an yang mudah bagi timnya. ”Kami ingin meraih kemenangan untuk bisa melaju ke babak selanjutny­a di kompetisi Liga Champions Asia 2018,” ujar penyerang asal Brasil itu.

Kualifikas­i kedua LCA 2018 bakal berlangsun­g dalam single match. Artinya, bila terjadi hasil draw di waktu normal, akan dilanjutka­n adu tendangan penalti. Selanjutny­a, apabila menang, Bali United bakal menghadapi klub besar Tiongkok Shanghai SIPG pada playoff sebelum ke fase grup.

 ?? MIFTAHUDDI­N HALIM /RADAR BALI ?? ANDALAN: Striker Bali United Ilija Spasojevic menjadi tumpuan lini depan ketika menantang Chiangrai United malam ini.
CHIANGRAI UNITED (4-4-2) 1-Chatcau Budprom (g); 2-Atit Daosang, 5-Victor Cardozo, 3-Tanasak Srisai, 30-Suriya Singmui; 6-Phitiwat...
MIFTAHUDDI­N HALIM /RADAR BALI ANDALAN: Striker Bali United Ilija Spasojevic menjadi tumpuan lini depan ketika menantang Chiangrai United malam ini. CHIANGRAI UNITED (4-4-2) 1-Chatcau Budprom (g); 2-Atit Daosang, 5-Victor Cardozo, 3-Tanasak Srisai, 30-Suriya Singmui; 6-Phitiwat...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia