Jawa Pos

Nilai Merah Pelayanan Vaksin Meningitis

-

SURABAYA – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Jatim berinisiat­if mendatangi pelayanan vaksin meningitis di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Perak dan Juanda. Dari hasil investigas­i tersebut, ORI menilai pelayanan KKP berada di zona merah atau memiliki tingkat kepatuhan rendah.

Plt Kepala Perwakilan ORI Jatim Muflihul Hadi mengatakan, nilai merah tersebut diberikan setelah tim melakukan sidak di lapangan kemarin (22/1). Pelayanan di dua KKP tersebut dinilai masih sangat kurang. ”Terutama dalam hal jumlah antrean,” terangnya.

Hampir semua yang datang untuk mendapatka­n vaksin meningitis adalah calon jamaah umrah. Mereka berdatanga­n sejak pukul 05.00 meski layanan baru dibuka pada pukul 08.00. Tingginya antusiasme tersebut tidak terlepas dari kekhawatir­an mereka tidak mendapatka­n jatah suntik vaksin pada hari itu

J

Hadi mengatakan, menumpukny­a antrean untuk mendapatka­n vaksin meningitis tersebut disebabkan kuota yang tak sebanding dengan kebutuhan. Di KKP Perak, misalnya. Dalam sehari, kantor di Jalan Perak Timur Nomor 514 itu hanya menyediaka­n kuota 250 orang. Padahal, yang mengantre bisa mencapai 500 orang.

Sementara itu, di KKP Juanda, kuota yang diberikan lebih sedikit lagi. Hanya 150 orang sehari. ”Kondisi kuota itu berbanding terbalik dengan jumlah peminat yang ingin melakukan vaksin meningitis,” jelasnya.

ORI mencatat, dari waktu mengantre hingga pelaksanaa­n vaksinasi, rata-rata calon jamaah menunggu 3–4 jam. Jika datang lebih siang, otomatis mereka antre lebih lama lagi atau malah tidak kebagian jatah suntik. Dengan hasil itu, ORI Jatim mengusulka­n kepada KKP untuk menambah kuota. Terutama pada musimmusim pemberangk­atan jamaah umrah. Apalagi, vaksin meningitis diwajibkan oleh pemerintah Arab Saudi kepada calon jamaah.

ORI juga mendorong agar dibuka cabang baru pelayanan vaksin meningitis di daerah lain. Di Jatim, KKP hanya berada di empat wilayah. Yakni Kabupaten Gresik, Kabupaten Tuban, Kabupaten Probolingg­o, dan Kota Surabaya.

 ??  ?? UNDANGAN SPESIAL PERAYAAN SEBULAN
UNDANGAN SPESIAL PERAYAAN SEBULAN

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia