Jawa Pos

Mazlan 17 PAC, Masduki Klaim Banyak Dukungan

-

SURABAYA – Pemilihan ketua DPC PKB Surabaya semakin mengerucut ke dua kandidat. Wakil Ketua DPRD Surabaya Masduki Toha bersaing ketat dengan Ketua Komisi B DPRD Surabaya Mazlan Mansyur. Keduanya berebut dukungan dari pengurus anak cabang (PAC).

Mazlan mengklaim mendapat dukungan lebih dari separo PAC di tingkat kecamatan. Untuk diketahui, di Kota Pahlawan terdapat 31 PAC. Para PAC meminta pria kelahiran Gresik, 3 Januari 1976, itu mencalonka­n diri. ”PAC banyak yang telepon saya. Lebih dari 17 PAC pokoknya,” ungkap Mazlan saat ditemui di ruang komisi B kemarin (22/1).

Agenda musyawarah cabang (muscab), terang Mazlan, dijadwalka­n mendekati agenda Pilgub Jatim 2018. Siapa yang memimpin PKB di Surabaya diyakini menentukan jumlah suara yang diperoleh untuk mendukung pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno. Banyak yang meminta Mazlan mengomanda­ni PKB Surabaya sebelum pemilihan digelar Juni nanti.

Di sisi lain, Masduki Toha menjadi pesaing terberat Mazlan. Menurut salah seorang kader PKB yang menolak namanya disebutkan, dukungan ke Masduki lebih banyak daripada ke Mazlan. Dukungan itu datang dari 18 PAC. Selain itu, Masduki dikenal lebih dekat dengan pengurus pusat dan pengurus wilayah Jatim.

Ada juga kandidat lain seperti Sekretaris DPC PKB Hasanul Bachri dan Wakil Ketua DPC PKB Satuham. Namun, menurut sumber tersebut, dua tokoh itu masih kalah bersaing dengan Mazlan maupun Masduki.

Mazlan menganggap persaingan dengan Masduki sebagai hal lumrah. Menurut dia, semakin diperebutk­annya jabatan menunjukka­n eksistensi partai yang kian besar. ”Semakin banyak yang ikut bersaing, berarti PKB itu eksistensi­nya terjaga,” tutur Mazlan diplomatis.

Terpisah, Masduki membenarka­n banyak mendapat dukungan PAC. Namun, dia tak mau banyak berkomenta­r mengenai pencalonan­nya. ”Kamis (25/1) nanti saya jelaskan semuanya,” ucap Masduki.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia