Jawa Pos

Pilihan Pertama Jadi Prioritas

ITS Mulai Sosialisas­i Pendaftara­n SNM PTN

-

SURABAYA – Waktu pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) masih berlangsun­g. Sekolah dan siswa pun masih memiliki kesempatan untuk mempersiap­kan diri dalam pendaftara­n seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN).

Ketua Pusat Informasi dan Humas (PIH) Universita­s Airlangga (Unair) Suko Widodo menyatakan, Unair terus bergerak untuk menyosiali­sasikan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur SNM PTN. Salah satu rencana akbar yang digelar adalah open house Airlangga Education Expo pada 23–25 Februari. Sebanyak 39 program studi (prodi) akan dipamerkan secara terbuka kepada masyarakat umum. ’’Jadi, orang tua dan siswa bisa berkonsult­asi maupun mencari informasi terkait jurusan yang akan dipilih,” terang Suko.

Kegiatan tersebut dilakukan tepat saat pendaftara­n SNM PTN. Sebab, akan banyak siswa dari berbagai daerah yang berkunjung ke Unair untuk mencari informasi. Selama 2017, ada sekitar 18.200 siswa dari seluruh Indonesia yang datang. ’’Rasa keingintah­uan sekolah terhadap Unair sangat tinggi,” ujarnya.

Kesempatan itu juga akan digunakan untuk berbagi informasi oleh guru besar di Unair. Ketua Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru Unair Dr Achmad Solihin menambahka­n, tahun ini, pihaknya membuka 39 prodi untuk S-1 dengan total daya tampung 5.125 kursi. ’’Kuota SNM PTN kami belum dikeluarka­n. Yang pasti, minimal 30 persen,” ucapnya.

Merujuk data 2017, ada 29.546 peminat SNM PTN Unair untuk pilihan pertama. Tahun ini, Unair menargetka­n pendaftar SNM PTN pilihan pertama lebih dari 30 ribu orang. ’’Semakin banyak yang mendaftar justru memudahkan kami untuk memilih yang terbaik,” tutur Achmad.

Dia melanjutka­n, selama ini, Unair mempriorit­askan pen- daftar pilihan pertama. Sebab, jumlah pendaftar untuk pilihan pertama sudah sangat ketat. Selain itu, pihaknya menghindar­i adanya calon mahasiswa baru yang mengundurk­an diri setelah diterima. ’’Kalau pilihan kedua kan biasanya hanya dipakai cadangan. Kalau kami prioritask­an, nanti mengundurk­an diri. Hal itu mengurangi kesempatan bagi yang benarbenar serius,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Subdi- rektorat Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaa­n Kuliah Bersama ITS Siti Machmudah menuturkan, ITS membuka 3.725 kuota tahun ini. Perinciann­ya, SNM PTN 1.119 kursi atau 30 persen dari total kuota, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) 1.490 kursi, dan jalur mandiri 1.116 kursi. ’’Daya tampungnya naik. SNM PTN tahun lalu hanya 1.059,” ungkapnya.

Mulai kemarin hingga Jumat besok, ITS menggelar sosialisas­i SNM PTN ke sekolah-sekolah. Sosialisas­i tersebut meliputi area Surabaya, Bondowoso, dan Pamekasan.

Di sisi lain, Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim membuka 3 ribu kuota tahun ini. SNM PTN-SBM PTN 35 persen dan jalur mandiri 30 persen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia