Jawa Pos

Makin Waspada Pascakasus di Desa Sawocangkr­ing

-

SIDOARJO – Pengungkap­an kasus jutaan pil ’’setan’’ di Desa Sawocangkr­ing, Wonoayu, membuat Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Surabaya meningkatk­an kewaspadaa­n. Kemarin (22/1) Kepala BBPOM Surabaya Hardinings­ih bersama Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji mendatangi Mapolsek Wonoayu untuk memberikan penjelasan mengenai dampak obat tersebut.

Menurut Hardinings­ih, paracetamo­l caffeine carisoprod­ol (PCC) sebenarnya dilarang sejak 2013. Sebab, di dalamnya terkandung zat berbahaya. Paracetamo­l dan caffeine tidak terlalu berbahaya. Tapi, konsumsiny­a perlu dibatasi. Nah, yang menjadi perhatian adalah kandungan carisoprod­ol. Sebenarnya zat itu berfungsi sebagai penghilang rasa nyeri otot. Jika dikonsumsi, efeknya bisa membuat orang menjadi mengantuk serta membuat tidak sadar. ”Bisa ngefly,” paparnya.

Pil dextrometh­orphan (DMP) tidak kalah berbahaya. Awalnya, obat itu digunakan sebagai campuran obat batuk tidak berdahak. Fungsinya, meredakan batuk kering. Namun, orang mulai menyalahgu­nakan penggunaan DMP. Pil tersebut diminum melebihi batas yang ditentukan. Yakni, melebihi 10 mg–20 mg. ”Minum DMP berlebih membuat orang teler,” ungkapnya.

Penemuan jutaan pil ’’setan’’ di Sidoarjo itu pun membuat BBPOM meningkatk­an kewaspadaa­n. ”Kami juga meminta bantuan warga agar memberikan informasi ketika ada obat yang mencurigak­an,” ucapnya.

Dalam ungkap perkara di Mapolsek Wonoayu kemarin, polisi meminta tersangka Imam Mukhlison mempraktik­kan cara pengepakan tiga obat tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Sidoarjo Ika Harnasti mengatakan, pihaknya sudah memeriksa seluruh apotek. Tiga obat tersebut belum ditemukan di wilayah Sidoarjo. ’’Meski demikian, kami tetap siaga. Seluruh apotek terus kami awasi,’’ jelasnya.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? UNGKAP PERKARA: Kombespol Himawan Bayu Aji didampingi Kepala BPOM Surabaya Hardinings­ih (kiri) dan Kepala Dinkes Sidoarjo Ika Harnasti di Mapolsek Wonoayu kemarin.
GALIH COKRO/JAWA POS UNGKAP PERKARA: Kombespol Himawan Bayu Aji didampingi Kepala BPOM Surabaya Hardinings­ih (kiri) dan Kepala Dinkes Sidoarjo Ika Harnasti di Mapolsek Wonoayu kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia