Jawa Pos

Awas, Penipuan Tiket AirAsia

-

SEBUAH pesan mendarat ke ponsel tim Hoax atau Bukan Jawa Pos kemarin. Pembaca Jawa Pos itu ingin memastikan kebenaran sebuah informasi terkait hadiah tiket gratis dari maskapai AirAsia. Sepintas, informasi itu sangat meyakinkan karena menggunaka­n link yang mirip domain AirAsia.

Isi pesannya seperti ini, ”AirAsia memberi penghargaa­n kepada setiap orang dengan 2 tiket pesawat gratis untuk merayakan 24 tahun pelayanan berkualita­s. Dapatkan tiket gratis anda: http://airasîa.com/tiket-gratis”. Mirip bukan?

Nah, ternyata ada perbedaan di huruf I pada domain AirAsia. Huruf I yang digunakan pesan itu ternyata bukan I biasa. Tapi, I circuflex yang merupakan bagian dari huruf pada alfabet Friulian, Kurdish, Romania, Italia, Turki, dan Prancis. Nah, penggunaan domain dengan huruf unik itu memang tengah menjadi perbincang­an di kalangan pengguna internet. Penggunaan unicode (pengodean karakter yang universal) sebagai domain kerap dipermasal­ahkan karena rentan digunakan untuk penipuan.

Nah, mengenai tiket gratis Airasia sendiri, manajemen maskapai asal Malaysia itu telah memberi penjelasan. Dikutip dari portal berita asal Malaysia, thestar.com, AirAsia memperinga­tkan pengguna media sosial agar berhati-hati ketika mendapatka­n pesan pembagian tiket penerbanga­n gratis. Pesan peringatan itu disampaika­n AirAsia sekitar Mei 2017.

Mereka membuat statement tersebut karena melihat beredarnya pesan mengenai pembagian tiket gratis AirAsia sebanyak 268 buah untuk memperinga­ti ulang tahun ke-28. Pesan itu sempat beredar luas di Malaysia. Mungkin karena berhasil mengeruk keuntungan banyak, pelaku penipuan ekspansi ke Indonesia. Membuat informasi yang sama, hanya dengan bahasa Indonesia.

Bedanya, pembuat pesan versi Indonesia sepertinya lebih bodoh. Bagaimana tidak, pada Mei 2017, telah beredar pesan yang sama dengan menyebutka­n AirAsia ulang tahun ke-28. Tapi, sekarang disebut ulang tahun AirAsia yang ke-24. Ulang tahun kok usianya mundur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia