Jawa Pos

Tambah Reservoir, Kucuran Air Kencang

-

SURABAYA – PDAM Surya Sembada bakal menambah kapasitas reservoir hingga 54 ribu meter kubik. Dengan cara itu, air akan mengucur deras hingga ke wilayah pinggiran kota.

Dirut PDAM Mujiaman Sukirno menyatakan, saat ini ada tiga reservoir yang baru selesai dibangun. Yakni, di Krembangan, Osowilangu­n, dan Pradah. Ketiganya telah difungsika­n. Namun, belum semua pompa diaktifkan. ’’Masih evaluasi dulu. Rencananya diresmikan Bu Risma (Tri Rismaharin­i, Red),’’ ujar Mujiaman kemarin (24/1).

Reservoir dibangun untuk lebih menggenjot tekanan air. Semakin jauh aliran dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPAM) Ngagel dan Karang Pilang, tekanan air semakin kecil. Perlu pompa dan reservoir untuk mendorong air agar tetap kencang hingga ke pelanggan.

Berdasar data survei internal PDAM akhir tahun lalu, terdapat 49 persen pelanggan yang mendapat aliran di bawah enam jam. Dampak penambahan jumlah produksi air dari 10 ribu liter per second (lps) ke 11 ribu lps pun tidak dirasakan warga pinggiran kota. Kondisi itu terjadi karena sebagian besar air tersedot di daerah tengah kota yang dekat dengan IPAM.

Mujiaman menerangka­n bahwa PDAM bertahun-tahun menggunaka­n reservoir berkapasit­as 17 ribu meter kubik. Jika dibiarkan, ketimpanga­n hak atas air di daerah pinggiran dan tengah kota bakal terus terjadi. ’’Kasihan daerah-daerah yang pinggir. Makanya, kami genjot investasi untuk membuat reservoir yang banyak,’’ tambah alumnus teknik kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya tersebut.

Sementara itu, Direktur Operasiona­l (Dirop) PDAM Dody Soedarjono menjelaska­n, manfaat tiga reservoir yang dibangun sudah bisa dirasakan warga.

 ?? SALMAN /JAWA POS ?? LEBIH DERAS: Reservoir PDAM di kawasan Pradah. Fasilitas baru tersebut akan menambah tekanan air ke rumah warga.
SALMAN /JAWA POS LEBIH DERAS: Reservoir PDAM di kawasan Pradah. Fasilitas baru tersebut akan menambah tekanan air ke rumah warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia