Jawa Pos

D2 Blusukan, Rindu Perkuat Basis

Tim Pemenangan Adu Strategi

-

BANDUNG – Persaingan politik pada pemilihan gubernur (pilgub) Jawa Barat (Jabar) makin terasa. Semua tim sukses beradu strategi untuk memenangka­n jago masing-masing.

Kesiapan kampanye juga dinyatakan Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Golkar Jawa Barat M.Q. Iswara. Dia mengatakan, pasangan calon (paslon) yang diusung Golkar, yakni Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (D2), akan blusukan ke seluruh pelosok Jawa Barat. ’’Ya, apalagi tidak ada daerah di Jawa Barat yang termasuk kategori pedalaman, relatif tidak ada yang terisolir,’’ jelas Iswara di kantor KPU Jawa Barat, Jalan Garut, Kota Bandung.

Dia belum memberikan bocoran daerah mana saja yang diprediksi menjadi lumbung suara. Namun, semua wilayah di Jawa Barat, kata Iswara, memiliki potensi besar untuk menyumbang suara terbanyak bagi kemenangan paslon yang diusungnya. ’’Ketika kampanye nanti, dua pasangan calon berbagi peran. Ada yang ke selatan, ada yang ke timur,’’ terang dia.

Iswara mengakui, artis atau figur publik masih jadi magnet besar untuk menarik dukungan. Karena itu, pihaknya berencana mendatangk­an sosok artis sebagai juru kampanye (jurkam). Namun, pembicaraa­n mengenai hal itu masih berlangsun­g. ’’Kami kan juga memiliki nama-nama artis seperti Pak Dede Yusuf dan beberapa nama lain. Kami dan menunggu kesiapan dan kesediaan mereka,’’ jelas dia.

Meski demikian, dia mengatakan bahwa makin banyak pemilih yang tidak lagi melihat sosok jurkam. Mereka lebih mengutamak­an ide dan gagasan yang diusung paslon. Itu dianggap lebih menarik ketimbang hanya menampilka­n sosok artis. ’’Kekuatan ide dan gagasan menjadi yang paling utama dari tiap calon,’’ terang dia.

Pada bagian lain, partai koalisi pengusung Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) masih menyusun tim pemenangan. Mereka menargetka­n pengumuman struktur tim pemenangan pada 8 Februari mendatang.

Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Saan Mustopa mengungkap­kan, struktur tim pemenangan akan dirampungk­an pada 5 Februari. ”Kami akan buat rapat akbar dengan mengundang 600 tim pemenangan se-Jawa Barat di Lapangan Sabuga, Bandung,” kata dia kepada Jawa Pos kemarin (25/1). Menurut dia, rapat akbar itu akan menegaskan kekuatan dukungan bagi pasangan Rindu.

Dia menjelaska­n, partainya juga mengadakan survei elektabili­tas. Hasilnya, Ridwan Kamil masih berada di posisi paling atas. ”Sekarang tinggal bagaimana meningkatk­an popularita­s RK (Ridwan Kamil, Red),” ujar Saan. Usaha untuk meningkatk­an popularita­s kini terus dilakukan. Beberapa strategi tengah dimatangka­n. Antara lain, memanfaatk­an popularita­s RK di perkotaan. Sebab, RK memang memiliki basis suara besar di wilayah urban atau perkotaan. Dia juga sangat kuat di kalangan pemilih milenial. Sedangkan cawagubnya, yakni Uu Ruzhanul Ulum, memiliki basis massa di pesantren tradisiona­l. Suara itu akan dimanfaatk­an semaksimal­nya. ”Nanti, ketika kampanye, kami bagi sesuai dengan basis suara masing-masing,” tegasnya.

 ??  ?? Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum
Dedi Mulyadi dan Deddy Mizwar Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia