Jawa Pos

Dusan Bulut Ajarkan Gerakan Spesial

Puji Skill Peserta 3X3 National Camp

-

SURABAYA – Loop 3X3 National Camp resmi berakhir sore kemarin (25/1). Sebanyak 64 campers yang terdiri atas 32 pebasket putra dan 32 putri mengikuti serangkaia­n pelatihan intensif selama tiga hari sejak 23 Januari lalu. Mereka adalah para MVP (most valuable player) terpilih dari 25 kota penyelengg­ara LOOP 3X3 Competitio­n ditambah tujuh kota penyelengg­ara Road to LOOP 3X3 Competitio­n yang bersebar di Indonesia.

Selama tiga hari ini mereka juga dilatih seorang pemain papan atas 3X3 yang tidak pernah absen dari peringkat tiga besar dunia. Kehadirann­ya tentu membekas di hati para peserta, terlebih dengan kisah hidupnya yang inspiratif. Dia adalah seorang point guard asal Serbia Dusan Domovic Bulut.

’’Dusan bukan yang paling cepat atau yang paling skillful.

Namun, dia berbeda,’’ ucap Dusan Ignjatov, pelatih Bulut, yang juga sharing ilmu dalam camp tersebut.

Bulut yang dijuluki Mr Bullutproo­f itu memulai semuanya dari bawah dan tanpa skill yang mumpuni. Dia mulai bermain di jalanan Kota Liman, Provinsi Vojvidina, Serbia. Bukan hanya itu, pria kelahiran 23 Oktober 1985 tersebut menapaki impiannya di tengah peperangan. Negaranya, Serbia, pada 1990-an mengalami perang saudara. Namun, Bulut konsisten berlatih tanpa putus asa. Hingga akhirnya, dia membawa Serbia menjadi juara kali pertama dalam sejarah pada World Championsh­ip 2012 di Athena, Yunani.

’’Tidak terasa kini dia hampir berusia 33 tahun. Kali pertama saya melatih dia ketika dia berusia 9 tahun. Saat itu saya lebih memilih dia daripada yang lain,’’ kenang Igjnatov dalam farewell party di Graha Pena Surabaya kemarin.

Pilihan Igjnatov tidak salah. Kini Bulut memiliki gerakan spesial yang dicoba ditularkan kepada peserta camp.

Gerakan tersebut dikenal dengan shammgod between the leg, yakni meletakkan bola melewati kaki lawan yang dilanjutka­n dengan layup.

Kedatangan Bulut di Indonesia adalah kali pertama. Dia takjub dengan antusiasme para peserta selama camp. ’’Putri maupun putra memiliki skill yang bagus,’’ puji Bulut yang kini bermain untuk klub Novi Sad Al-Wahda, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

 ?? OKTAWAL WAHYU/DBL INDONESIA ??
OKTAWAL WAHYU/DBL INDONESIA
 ?? OKTAWAL WAHYU/DBL INDONESIA ?? BAGI ILMU: Dusan Domovic Bulut memberikan contoh dribel di DBL Academy, Graha Pena Surabaya, kemarin (atas). Para peserta Loop 3X3 National Camp pada hari terakhir pelatihan.
OKTAWAL WAHYU/DBL INDONESIA BAGI ILMU: Dusan Domovic Bulut memberikan contoh dribel di DBL Academy, Graha Pena Surabaya, kemarin (atas). Para peserta Loop 3X3 National Camp pada hari terakhir pelatihan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia