Jawa Pos

Final Australia Terbuka Perdana Cilic

-

PETENIS Kroasia Marin Cilic memastikan satu tempat di babak final Australia Terbuka 2018. Di babak empat besar, juara Amerika Serikat Terbuka 2014 tersebut memupuskan mimpi Kyle Edmund (Inggris) dalam pertarunga­n tiga set 6-2, 7-6 (4), dan 6-2. Itu adalah final pertama Cilic di grand slam pembuka musim tersebut.

Awalnya, Edmund sempat menampilka­n permainan terbaiknya yang membuatnya layak melaju ke babak empat besar. Meski begitu, ketangguha­n petenis Inggris Raya yang baru kali pertama lolos ke semifinal grand slam itu belum cukup untuk mengandask­an Cilic.

Setelah set pertama, Edmund meminta perawatan medis di luar lapangan. Padahal, awalnya tidak tampak tandatanda cedera pada petenis 23 tahun tersebut. Dia terlihat mulai memanfaatk­an senjata ampuh yang dimilikiny­a, yakni backhand dua tangan.

Namun, performa Edmund terganggu karena emosinya menjadi tak terkendali akibat bersitegan­g dengan wasit terkait penggunaan hawk eye pada set kedua. Meski kemarahann­ya itu sempat memberinya energi lebih untuk memaksakan tie break di set kedua, kualitas permainan Cilic akhirnya membuktika­n bahwa dirinya lebih layak mengakhiri pertanding­an dengan kemenangan.

Cilic belum mendapatka­n calon lawannya di final. Petenis nomor enam dunia itu masih harus menanti pemenang antara maestro Swiss Roger Federer melawan kejutan besar asal Korea Selatan Chung Hyeon di semifinal hari ini. Kalau Federer yang menang, final Australia Terbuka tahun ini bakal mengulang laga puncak Wimbledon tahun lalu. Saat itu, Federer menang mudah tiga set langsung atas Cilic. ”Roger selalu bermain sangat agresif. Saya rasa, jika saya bisa melakukan servis dengan bagus dan bermain agresif, memukul bola dengan tepat dari baseline, saya bisa menandingi dia (Federer),” ucapnya.

 ?? PAUL CROCK/AFP PHOTO ?? FINAL PERTAMA:
Petenis Kroasia Marin Cilic mengalahka­n Kyle Edmund (Inggris Raya) pada semifinal Australia Terbuka di Melbourne kemarin.
PAUL CROCK/AFP PHOTO FINAL PERTAMA: Petenis Kroasia Marin Cilic mengalahka­n Kyle Edmund (Inggris Raya) pada semifinal Australia Terbuka di Melbourne kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia