Jawa Pos

Pengembang­an KBS Masih Terganjal Sengketa

Manajemen Hati-Hati Gunakan Dana Rp 20 M

-

SURABAYA – Rencana mengubah wajah Kebun Binatang Surabaya (KBS) masih terganjal problem hukum. Duit penyertaan modal dari pemkot sebesar Rp 20 miliar telah diterima, tapi tak digunakan sejak 2016.

Uang tersebut sejatinya dipakai untuk memindahka­n gerbang KBS. Gerbang itu sudah puluhan tahun tidak berubah wajah. Apalagi, pintu masuknya kerap tak mampu menampung antrean pengunjung di akhir pekan.

Saat ini KBS sebenarnya sudah mendesain gerbang baru yang lebih luas di sisi timur. Rencananya dibangun plasa seluas 1,6 hektare yang dilengkapi dengan stan-stan untuk pedagang suvenir atau makanan. Desain telah disiapkan, tapi hingga kini proyek tidak kunjung terealisas­i.

Dirut KBS Chairul Anwar menjelaska­n bahwa dirinya berhatihat­i dalam menggunaka­n uang tersebut. Sebab, kandang dan bangunan KBS masih bersengket­a. Dampaknya, pembanguna­n tidak bisa dilakukan. Untuk itu, Chairul membuat rekening khusus untuk uang revitalisa­si tersebut. ”Bahasanya itu bukan kami tidak berani lho ya. Tapi, lebih hati-hati saja,” jelas mantan Dirut PDAM Kabupaten Pasuruan itu kemarin (25/1).

Apalagi, akhir Desember lalu SK lembaga konservasi KBS yang diterbitka­n Kementeria­n Kehutanan digugat pihak perkumpula­n yang pernah mengelola KBS. Gugatan tersebut telah dikabulkan. Posisi KBS pun semakin terimpit.

Namun, pemkot tidak tinggal diam. Pemkot kini menjelaska­n bahwa pihaknya sudah berkoordin­asi dengan pemkot untuk menyiapkan PK tersebut. ”Sekarang lebih banyak yang membantu. Termasuk teman-teman komisi B,” jelas pria yang juga merangkap jabatan sebagai direktur keuangan dan direktur operasiona­l itu.

Kabag Hukum Pemkot Ira Tursilowat­i yang menghadiri hearing terkait dengan KBS di gedung DPRD Surabaya menerangka­n bahwa pemkot segera mengajukan PK tersebut agar KBS bisa terus berkembang. ”Atas saran Bu Wali (Tri Rismaharin­i), kami akan ajukan PK,” jelasnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? BELUM DIBANGUN: Dua remaja duduk di depan gerbang KBS pintu selatan. Saat ini pengembang­an taman satwa tersebut belum terealisas­i.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS BELUM DIBANGUN: Dua remaja duduk di depan gerbang KBS pintu selatan. Saat ini pengembang­an taman satwa tersebut belum terealisas­i.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia