Jawa Pos

Kenalkan Keimigrasi­an pada Mahasiswa

-

SURABAYA – Kantor imigrasi di sejumlah daerah tidak hanya berfungsi membuat paspor dan melayani administra­si keimigrasi­an. Ada sejumlah fungsi lainnya. Misalnya, pengawasan orang asing.

Hal itu dijelaskan Kepala Divisi Keimigrasi­an Kanwil Imigrasi Jatim M. Yanis dalam kegiatan Immigratio­n Goes to Campus di Unesa Lidah Wetan kemarin (25/1). Kegiatan tersebut disambut antusias oleh mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri yang sedang belajar di Unesa.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Romi Yudianto menyatakan, kegiatan itu bertujuan memperinga­ti Bulan Bhakti Imigrasi. Tahun ini, instansi tersebut berusia 68 tahun dan untuk kali pertama menyasar kampus guna merayakan kegiatan itu.

Dalam kesempatan tersebut, Romi menerangka­n bahwa segala urusan keimigrasi­an berlangsun­g mudah. Antrean sudah bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, pemohon dapat mem- prediksi jam layanan dan tidak perlu mengantre lama.

Antusiasme para mahasiswa yang mengikuti acara itu terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Salah satunya adalah perubahan nama pada paspor. Setiap WNI yang mengunjung­i negara-negara di Arab biasanya diwajibkan menggunaka­n tiga kata/ digit pada nama. Meskipun nama aslinya hanya satu atau dua kata.

Romi menjawab bahwa kebijakan imigrasi di masing-masing negara harus dihormati. Karena itu, bila ada seseorang yang ingin mengubah nama, pihaknya bisa memfasilit­asi.

Pertanyaan lainnya adalah biaya membuat paspor. Banyak mahasiswa yang mengeluh bahwa biaya kepengurus­an untuk membuat paspor berbeda dari masingmasi­ng orang. Terkait hal itu, Romi menjelaska­n, biaya pembuatan paspor mencapai Rp 355 ribu. ’’Kalau buat paspor, harus datang sendiri. Jangan lewat pihak ketiga atau calo. Itu dilarang,’’ katanya.

 ?? JOS RIZAL/JAWA POS ?? GOES TO CAMPUS: Dari kiri, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Romi Yudianto, Kepala Divisi Keimigrasi­an Kanwil Imigrasi Jatim M. Yanis, Wakil Rektor IV Unesa Bidang Kerja Sama Prof Djodjok Soepardjo, serta Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unesa...
JOS RIZAL/JAWA POS GOES TO CAMPUS: Dari kiri, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak Romi Yudianto, Kepala Divisi Keimigrasi­an Kanwil Imigrasi Jatim M. Yanis, Wakil Rektor IV Unesa Bidang Kerja Sama Prof Djodjok Soepardjo, serta Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Unesa...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia