Jawa Pos

Bento Sehat untuk Ultah

-

SURABAYA – Pemilihan makanan untuk pesta ulang tahun anak tidak bisa sembaranga­n. Orang tua harus tahu mana yang layak dikonsumsi dan yang tidak. Bentuk dan tema juga harus sesuai dengan keinginan anak-anak. Pun, bahan makanan yang sehat harus diperhatik­an.

’’Mama-mama sekarang makin smart. Ini nasinya apa? Sayurnya apa?’’ ucap Wulan Anggraini, salah seorang pemilik bisnis makanan. Dia menjelaska­n, mamamama belakangan lebih aware terhadap bahan makanan yang digunakan untuk mengisi sajian pesta anak.

’’Mengganti bahan kimia dengan yang alami adalah salah satu kiatnya,’’ tambah Cecilia Linardi yang saat itu bersama Wulan sedang menyiapkan bento pesanan pesta anak.

’’Misalnya, tidak lagi pakai penyedap rasa dan mulai menggunaka­n pewarna dari sayuran. Untuk warna hijau, pakai edamame. Kalau jingga, pakai wortel,’’ jelas Cecilia kemarin.

Agar menarik, dia menyaranka­n untuk membuat sajian yang semarak. Salah satunya memberikan warna pada nasi. Selain itu, membentuk karakter khusus juga bisa jadi pilihan. ’’Misalnya, untuk yang perempuan, nasinya dibentuk karakter Little Pony. Kalau lakilaki dibentuk Captain America yang pakai ekstrak sayur sebagai pewarna biru,’’ ungkap Cecilia.

Menurut dia, saat ini banyak orang tua yang memilih bento untuk merayakan ulang tahun anak karena keterbatas­an waktu. ’’Jadi, mereka merayakan ulang tahun anak di sekolah, bawa bento, kemudian dibagikan ke temanteman anak,’’ ucap perempuan berusia 33 tahun tersebut.

Bentuk makanan ringan sebagai tambahan bento juga harus bebas penyedap rasa yang berlebihan. ’’Paling sering snack yang diminta itu puding dan cokelat,’’ tambahnya.

Pemilihan tempat makanan juga harus aman bagi makanan. ’’Mulai beralih ke healthy lifestyle ya,’’ ujarnya.

 ?? ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS ?? UNTUK ANAK: Dari kiri, Cecilia Linardi dan Wulan Anggraini menyiapkan bento pesanan kemarin. Bento-bento ini adalah pesanan untuk merayakan ulang tahun anak.
ALLEX QOMARULLAH/JAWA POS UNTUK ANAK: Dari kiri, Cecilia Linardi dan Wulan Anggraini menyiapkan bento pesanan kemarin. Bento-bento ini adalah pesanan untuk merayakan ulang tahun anak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia