Jawa Pos

Panen Bareng Tanaman Hidroponik

-

SURABAYA – Memanen tanaman yang dinanti-nanti memang menjadi hal yang menyenangk­an. Suasana itulah yang terlihat di SMPN 3 kemarin (26/1). Seluruh warga sekolah, alumni, undangan, serta Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya Ikhsan ramairamai memanen tanaman hidroponik. Itu adalah school farming yang merupakan program unggulan SMPN 3.

Area hidroponik berpusat di lantai 2. Berbagai macam tanaman hidroponik tumbuh subur di halaman berukuran 7 x 23 meter tersebut. Tanaman itu, antara lain, sawi, kale, bawang merah, selada air, jeruk nipis, dan daun mint.

”School farming ini menjadi contoh yang bagus. Mini agro pertanian di sekolah,” ujar Ikhsan.

Ikhsan melanjutka­n, program itu dapat digunakan sebagai pilot project. Pihaknya berencana mengajak sekolah-sekolah lain untuk studi banding ke SMPN 3. Mereka bisa mencontoh program tanam-menanam yang digalakkan sekolah di Jalan Praban tersebut. Tidak harus dengan hidroponik, sekolah lain dapat mengembang­kan sesuai dengan kondisi masing-masing.

Kepala SMPN 3 Budi Hartono menyatakan, acara panen bersama kemarin kali pertama dilaksanak­an. Karena itu, kegiatan tersebut begitu spesial. ”Pihak sekolah tentu senang kalau budi daya tanamannya berhasil,” katanya.

Kegiatan itu merupakan hasil kerja sama dengan berbagai pihak. Terutama siswa yang rajin menanam sekaligus merawatnya sampai saat ini. ”Kami ada Jumat Sehat yang digunakan untuk menanam. Satu siswa bertanggun­g jawab pada satu tanaman,” terangnya. Mereka memanen setelah tiga minggu menanamnya.

Dia menerangka­n, hasil hidroponik membuat tanaman tampak lebih segar. Dengan program menanam tersebut, lanjut dia, siswa bisa memiliki rasa tanggung jawab. Mereka juga lebih menghargai tanaman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia