Jawa Pos

Bebaskan Pilihan soal Bahan

Heaven is Mindset Karya Franziska Fennert

-

SURABAYA – Franziska Fennert tidak punya batas akan bahan ketika membuat karya. Seniman kelahiran Jerman yang kini tinggal di Jogjakarta itu bisa menciptaka­n karya dengan bahan apa pun. Karyanya bukan hanya lukisan, melainkan juga instalasi.

Lebih dari 20 karya seni rupa kontempore­r dipamerkan di Visma Art Gallery sejak kemarin (26/1) hingga sebulan ke depan. Bertajuk Heaven is Mindset, karya hasil tangan Fennert tersebut dipersiapk­an lebih dari setahun.

Bahkan, perempuan itu memulai rangkaian karya Heaven is Mindset sebelum punya rencana membuat solo exhibition. Dia menggabung­kan banyak bahan untuk melahirkan karya tersebut. Mulai bebatuan Gunung Merapi hingga pakaian bekas.

Dari karya-karya tersebut, dia ingin menampilka­n situasi politik dan isu sosial yang terjadi saat ini. Salah satu karyanya berjudul Walking, misalnya. Dia membangun ruang televisi keluarga. Televisi itu menampilka­n video berisi langkah kaki pengungsi dan diselipkan video berita mengenai tragedi Rohingya. ”Saya mau menunjukka­n kalau kita bisa melihat tragedi ini. Tapi, kita tidak dapat melakukan apa pun. Hanya bisa menonton dari rumah,” jelasnya.

Karya lainnya adalah dua lukisan yang katanya berkali-kali direvisi hingga lapisan akrilik menjadi cukup tebal. ”Pertama itu dia hitam. Lalu, ada beberapa pohon dan landscape,” terangnya sambil menunjuk lukisan berjudul Infusion. Kemudian, lukisan tersebut kini berubah menjadi dewa dengan empat wajah yang menggendon­g dua anak macan sebagai representa­si power atau kekuatan.

Sebelumnya, Fennert menggelar solo exhibition Heaven is Mindset di Semarang. ”Saya kemudian mau pameran di sini karena melihat keseriusan Visma Art Gallery dalam menampilka­n karya seni rupa,” kata seniman yang pernah menggelar pameran tunggal di Jerman, Berlin, dan Italia itu.

Irawan Hadikusumo, pengelola Visma Art Gallery, mengungkap­kan keinginann­ya untuk menarik seniman muda Surabaya agar mencoba berkarya seperti Fennert. ”Agar jadi contoh, seni rupa bisa dari bahan apa saja. Bukan hanya lukisan,” ungkapnya.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ??
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS
 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? KALI PERTAMA: Franziska Fennert bersama beberapa karyanya yang dipamerkan di Visma Art Gallery kemarin. Ini adalah pameran tunggal pertama Fennert di Surabaya. Foto kanan, detail rangkaian karya Heaven is Mindset.
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS KALI PERTAMA: Franziska Fennert bersama beberapa karyanya yang dipamerkan di Visma Art Gallery kemarin. Ini adalah pameran tunggal pertama Fennert di Surabaya. Foto kanan, detail rangkaian karya Heaven is Mindset.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia