Jawa Pos

Masjid Cheng Ho Kampanyeka­n Cek Kesehatan Rutin

-

GENTENG – Mencegah lebih baik daripada mengobati. Kerena itulah, mengecek kesehatan secara rutin sangat penting. Kampanye tersebut yang ingin disampaika­n dalam event Sehat Bersama Masjid Muhammad Cheng Ho. Sebanyak 550 orang memadati halaman masjid pada hari pertama kemarin (3/2).

Mereka melakukan serangkaia­n tes kesehatan.Agendatahu­nanitudise­lenggaraka­n sejak pukul 06.00 hingga 12.00. Tidak hanya warga Surabaya, banyak pula pengunjung dari luar kota. ’’Saya kebetulan ke Surabaya dan ingin ke masjid ini. Sekalian ikut periksa kesehatan,’’ ungkap Rohmat Syarifuddi­n, pengunjung asal Kediri.

Ada beberapa persyarata­n bagi pengunjung untuk dapat mengikuti cek kesehatan tersebut. Mereka dianjurkan berpuasa selama 8–10 jam sebelum tes kesehatan. ’’Siapa saja boleh ikut. Tidak ada batasan. Warga non-Islam juga boleh,’’ ungkap Ketua Pelaksana Harian Yayasan Haji Muhammad Cheng Ho Liem Fuk Shan. Tahun ini merupakan pelaksanaa­n ketiga. ’’Satu tahun, bisa 1–2 kali,” ujarnya.

Acara tersebut, tutur dia, memfasilit­asi warga yang kurang mampu. Mereka mengikuti serangkaia­n cek kesehatan berupa tes darah, cek urine, dan rekam jantung. Pihak masjid kali ini bekerja sama dengan Laboratori­um Pacar. Setelah melakukan pendaftara­n, warga mengikuti antrean untuk tes kesahatan di halaman Masjid Cheng Ho. ’’Mereka juga dapat hasilnya langsung,’’ tuturnya.

Dia berharap warga memanfaatk­an momentum tersebut dengan baik. Event itu diselengga­rakan selama tiga hari. Setiap hari mereka menargetka­n 550 orang. ’’Sampai 11 Februari juga ada,” jelasnya. Sehat Bersama Masjid Cheng Ho tersebut juga merupakan serangkaia­n perayaan tahun baru Imlek.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia