Jawa Pos

Logo Jawapos.com Dicatut untuk Hoax

-

ANDA harus waspada dengan posting-an akun-akun buzzer seperti negri.durjana. Mereka sering kali mencatut media mainstream untuk menyebarka­n hoax. Misalnya, yang dilakukan terhadap pencatutan logo Jawapos.com berikut ini.

Pada Sabtu (3/2) mereka mengunggah gambar seolah screenshot dari portal berita Jawapos.com. Screenshot

berita itu diberi judul, ’’Beredar Isu Perihal Kartu Kuning yang Dikeluarka­n Zaadit Taqwa Merupakan Pesanan FZ dan FH’’. Memang dalam tangkapan layar tersebut tidak ada tulisan link berita dari Jawapos.com. Namun, logo di kiri atas merupakan logo Jawapos.com.

Pemimpin Redaksi Jawapos.com Dhimas Ginanjar memastikan bahwa tidak ada berita di portalnya dengan judul tersebut. Di Jawapos.com memang terdapat beberapa berita soal Zaadit Taqwa, ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universita­s Indonesia. Termasuk yang diterbitka­n 3 Februari 2018.

Sejak aksi Zaadit Taqwa memberikan kartu kuning kepada Presiden Joko Widodo saat pelaksanaa­n dies natalis UI, mahasiswa itu memang banyak diserang sejumlah pihak. Serangan yang tidak bisa ditolerans­i tentu kabar-kabar hoax.

Aktivis Mafindo (Masyarakat Anti Hoax Indonesia) menemukan hal serupa di berita portal detik.com. Pelakunya akun Instagram Jokerpolit­ik. Akun itu mengunggah gambar yang seolah-olah berita dari detiknews.com.

Berita palsu tersebut diberi judul, ’’Kerabat Sebut Zaadit Taqwa Alami Gangguan Jiwa sejak Jokowi Terpilih Menjadi Presiden’.’ Tidak ada berita di Detiknews dengan judul seperti itu. Yang ada adalah berita berjudul, ’’Ketua BEM UI Zaadit Taqwa Luruskan Salah Paham Tweet Promosi PKS’.’

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia