Jawa Pos

Ekspansi hingga Surabaya-Bali

-

JANE Puspa tidak akan berhenti mengembang­kan The Banaboo. Ambisinya besar. Hingga akhir 2018, dia berencana membuka 35 kedai pisang nugget. Tidak hanya di wilayah Jakarta maupun Jawa Barat, Jane berkeingin­an melebarkan sayap hingga Jawa Timur dan Bali.

Saat ini Jane telah memiliki 13 kedai. Dalam waktu dekat, jumlah kedai The Banaboo miliknya mencapai 16 unit. Memang, tidak semua dimiliki Jane sendiri. ”Yang dipegang sendiri hanya lima. Sisanya franchise,” imbuhnya.

Keuntungan yang mampu diraup setiap bulan per kedai terbilang lumayan. Yakni, mencapai Rp 80 juta hingga Rp 100 juta. Adapun, yang franchise dihargai Jane Rp 50 juta per outlet.

”Rencananya, untuk tahun ini kami ingin membuka franchise di Surabaya dan Bali. Kalau bisa memang ingin ada di setiap kota besar di Indonesia,” terang alumnus Jurusan Administra­si Bisnis Ningbo University itu.

Jane tidak menyangka bisnis yang dirintisny­a menuai sukses. Dia memulainya dengan hanya bermodal Rp 10 jutaan. ”Tetapi, jika ditotal dengan biaya saat pindah ke kedai, modal yang digunakan sekitar Rp 20 juta hingga Rp 25 juta,” ujar Jane.

Kendati demikian, perjalanan bisnis Jane tidak melulu mulus. Akhir tahun lalu omzet The Banaboo sempat terkikis lantaran bermuncula­n banyak bisnis sejenis. ”Tetapi, kuncinya adalah inovasi dan bisa memperkuat marketing. Waktu itu kami mengadakan promo dan menggencar­kan pemasaran melalui media sosial,” tandas Jane.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia