Jawa Pos

Makin Kencang Menuju Oscars

-

LOS ANGELES – Dalam sehari, dua kandidat peraih trofi di Academy Awards Ke-90 (The Oscars 2018) kita dapatkan. Yakni, Coco dan sutradara Guillermo del Toro. Sabtu malam waktu setempat (kemarin WIB), keduanya mengantong­i bekal tambahan yang superkuat untuk bersaing di The Oscars.

Coco mendominas­i kemenangan dalam 45th Annie Awards di Royce Hall, University of California, Los Angeles. Dari 13 nominasi yang didapat, Coco memenangka­n 11 di antaranya. Termasuk kategori tertinggi, yakni Best Animated Feature. Duet sutradara Lee Unkrich dan Adrian Molina serta pengisi suara Miguel, Anthony Gonzalez, juga diganjar piala berkat kinerja

excellent mereka.

’’Kami tidak bisa lebih bangga lagi dari ini. Kesuksesan Coco di seluruh dunia sangat membahagia­kan,’’ kata produser Darla Anderson seperti dikutip Reuters. ’’Lanjutkan untuk mengikuti mimpimu seperti seorang anak kecil di Meksiko,’’ imbuhnya merujuk kepada Miguel.

So, sejauh ini, Coco sudah mengantong­i setidaknya dua bekal untuk menuju Oscars. Pertama, ia telah memenangka­n Best Motion Picture-Animated di Golden Globes 2018. Kedua, pemenang Annie Awards hampir pasti juga meraih gelar Best Animated Feature di Oscars. Sejak kategori tersebut diciptakan pada 2002, 11 di antara 16 pemenang Annies berhasil mendapatka­n piala Oscar.

Sementara itu, Guillermo del Toro diprediksi meraih trofi Sutradara Terbaik di Oscars. Sineas drama fantasi The Shape of Water itu meraih gelar tertinggi pada Directors Guild of America (DGA Awards) yang digelar di The Beverly Hilton, Beverly Hills.

”Kita berada dalam masa-masa yang sulit. Kadang untuk bicara soal monster, kita membutuhka­n monster,” kata Del Toro, merujuk film besutannya. ”Cara terbaik untuk menunjukka­n kerinduan, penyembuha­n, kebutuhan akan inklusivit­as, memilih untuk mencintai makhluk lain alih-alih menyakiti mereka adalah bagian dari fabel. Aku butuh fabel untuk menyampaik­an itu,” lanjutnya, sebagaiman­a dikutip Entertainm­ent Weekly.

DGA sering menjadi acuan untuk memprediks­i peraih Sutradara Terbaik The Oscars. Sebab, anggotanya merupakan orang-orang terbaik dalam bidang film directing. Ada sutradara dan asisten sutradara, manajer produksi, manajer panggung, associate director, dan tim terkait. Penilaian mereka tentu lebih sahih daripada anggota Academy yang terdiri atas bermacam profesi.

Statistik pun mendukung Del Toro. Dalam 20 penyelengg­araan terakhir, peraih gelar DGA hampir selalu meraih Oscar. Termasuk pemenang tahun lalu, sutradara La La Land Damien Chazelle. Dari 20 tahun terakhir itu, hanya tiga kali terjadi anomali. Yakni, Ang Lee

(Crouching Tiger, Hidden Dragon, 2001), Rob

(Chicago, 2003), dan Ben Affleck (Argo,

 ?? DISNEY PIXAR ??
DISNEY PIXAR
 ?? ROBIN BECK/AFP PHOTO ?? Marshall 2013). BEKAL KUAT: Guillermo del Toro menerima trofi DGA Awards di Beverly Hilton Hotel kemarin.
ROBIN BECK/AFP PHOTO Marshall 2013). BEKAL KUAT: Guillermo del Toro menerima trofi DGA Awards di Beverly Hilton Hotel kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia