Jawa Pos

Siapkan Total Rp 264 Miliar

Untuk Perbaikan Jalur Pantura Pasuruan–Probolingg­o

-

PROBOLINGG­O – Jalan rusak di jalur Pantura di sepanjang Pasuruan–Probolingg­o mendapatka­n perhatian dari Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional Kementeria­n Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tahun ini pemerintah pusat kembali menggelont­orkan dana ratusan miliar rupiah untuk perbaikan maupun perawatan jalan.

Jika dikalkulas­i, anggaranny­a menyedot total Rp 264 miliar. Perinciann­ya, Rp 52 miliar untuk jalur pantura di Gempol–Probolingg­o serta Rp 212 miliar untuk jalur pantura sepanjang Probolingg­o–Situbondo.

Kementeria­n PUPR, rupanya, lebih banyak mengalokas­ikan dana perbaikan dan perawatan di jalur pantura Probolingg­o–Situbondo. Dana Rp 212 miliar digelontor­kan untuk perbaikan multiyears pada 2018–2019. Baik untuk pembanguna­n jalan rusak maupun pemelihara­an rutin.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jalan Nasional wilayah Probolingg­o–Situbondo Andhika Tommy Ardiansyah menyatakan, anggaran untuk jalan pantura Probolingg­o–Situbondo tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. ’’Tahun ini dialokasik­an anggaran sekitar Rp 212 miliar untuk paket multiyears,’’ jelasnya kepada Jawa Pos Radar Bromo kemarin.

Tommy menuturkan, panjang jalan raya pantura Probolingg­o–Situbondo mencapai 96 kilometer. Pagu anggaran tersebut diharapkan bisa memperbaik­i jalan yang rusak. Namun, pihaknya belum dapat memastikan pagu Rp 212 miliar itu diperuntuk­kan di titik mana saja. Sebab, pagu anggaran kegiatan tersebut belum memasuki lelang. ’’Proses perizinan multiyers tersebut di Jakarta. Lelang dan kontraknya Mei nanti,’’ terangnya.

Sesuai rencana awal, lanjut dia, tahun ini di jalan raya pantura Probolingg­o, tepatnya di Jalan Raya Curahsawo Gending, KM 104, dilakukan perbaikan total.

 ?? DRONE JAWA POS RADAR BROMO ?? BUTUH PERBAIKAN: Jalan Pantura yang tampak bergelomba­ng di Kraksaan dipotret dari ketinggian.
DRONE JAWA POS RADAR BROMO BUTUH PERBAIKAN: Jalan Pantura yang tampak bergelomba­ng di Kraksaan dipotret dari ketinggian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia