Jawa Pos

Untuk Recovery Lebih Cepat

-

BANYAK cara untuk melakukan recovery setelah mengikuti race atau beraktivit­as berat. Salah satunya, dengan aqua training. Kemarin (4/2), bertempat di ROCA Clubhouse, Graha Family, Surabaya, Training Zone Indonesia bekerja sama dengan Team Flash mengenalka­n metode aqua training kepada 40 penggiat olahraga.

Latihan itu dipimpin oleh pelatih profesiona­l dari Team Flash, Nicko Biondi dan Glenn Victor. Mereka adalah perenang nasional. Founder Training Zone Indonesia Lucy Widya Fathir mengungkap­kan, digelarnya acara tersebut merupakan bentuk keprihatin­an. Sebab, selama ini para penggiat olahraga hanya fokus berlatih untuk meningkatk­an performa tanpa merasa perlu me-recovery tubuh. Padahal,

recovery adalah kebutuhan mutlak setelah tubuh ditempa latihan fisik dan teknik.

’’Maka, kami mengadakan aqua training untuk mengedukas­i mengenai recovery active itu,” kata dosen Fakultas Ilmu Keolahraga­an Universita­s Negeri Surabaya (Unesa) tersebut.

Aqua training merupakan latihan gerakan-gerakan ringan di dalam air dangkal seperti kolam. Tujuannya, memulihkan tubuh akibat cedera atau latihan yang terlalu berat dan meningkatk­an kebugaran serta fleksibili­tas sendi.

Latihan itu dimulai dengan peserta masuk ke kolam. Mereka lalu diberi instruksi untuk merasakan air dan mengatur pernapasan. Mereka juga harus joging di tempat selama satu menit, lantas mengelilin­gi kolam sebanyak dua kali. Ada beberapa gerakan seperti single arm freestyle with noddle, karate kick with breastroke pull, dan kangaroo jump with push down.

Semua gerakan tersebut memerlukan tekanan yang besar untuk memberikan dampak lebih bagi tubuh bagian lengan, kaki, maupun perut.

Acara itu juga dihadiri beberapa komunitas seperti Cross Fit, Jawa Pos Fit, dan komunitas penggiat olahraga lansia. Team Flash dipilih sebagai partner acara tersebut karena Nicko dan Glenn merupakan pelatih profesiona­l yang sudah bersertifi­kat luar negeri.

’’Keunggulan program kami adalah low impact dan suhu badan tetap terjaga. Tidak mungkin seseorang bisa squat beberapa kali kalau panas badannya tidak normal,” kata Nicko.

 ?? TRAINING ZONE FOR JAWA POS ?? PEMULIHAN: Glenn Victor memberikan pelatihan aqua training di ROCA Clubhouse, Graha Family, Surabaya.
TRAINING ZONE FOR JAWA POS PEMULIHAN: Glenn Victor memberikan pelatihan aqua training di ROCA Clubhouse, Graha Family, Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia