Jawa Pos

KTM Ancaman Nyata Suzuki

-

SEPANG – Hanya tiga di antara enam pabrikan top MotoGP yang selalu bersaing berebut gelar juara dunia. Mereka adalah Honda, Yamaha, dan Ducati. Tiga pabrikan lainnya –Suzuki, Aprilia, dan KTM– terus berjuang agar bisa masuk ke dalam persaingan papan atas. Di antara tiga pabrikan itu, KTM punya pergerakan paling cepat.

Pada musim debutnya tahun lalu, KTM sukses mengalami kemajuan signifikan. Hanya dalam waktu setahun mereka mampu mengepras defisit motor-motor terdepan dari 3,5 detik menjadi hanya 0,8 detik. Dengan dukungan penuh dari pabrikan raksasa minuman berenergi Red Bull, KTM menjadi ancaman besar bagi Suzuki untuk berebut posisi keempat klasemen akhir pabrikan.

Menyongson­g musim 2018, KTM mengevalua­si banyak part pada edisi terbaru motor RC16. Walaupun di Sepang pekan lalu tak mengubah mesinnya terlalu ekstrem, dari sisi sasis, fairing, dan elektronik, mereka mengem

bangkannya untuk mendapatka­n basis motor yang solid demi mempermuda­h program selanjutny­a.

Pembalap KTM Bradley Smith, mengaku senang dengan pengembang­an yang dilakukan KTM sepanjang jeda musim dingin. Namun, akibat kecelakaan yang menimpa Espargaro, tugasnya di Sepang menjadi bertambah. ’’Saya harus mencoba banyak hal sendirian dan mengorbank­an upaya saya untuk mengejar catatan waktu,’’ ucapnya.

KTM membawa fairing aero terbaru mereka ke Sepang. Meski begitu, Smith hanya memiliki waktu terbatas untuk menjajalny­a. Dia sendiri belum yakin apakah timnya membawa fairing baru tersebut ke Thailand untuk diuji coba pekan depan. ’’Kami memiliki banyak sekali suku cadang untuk dicoba dan fairing hanya salah satunya,’’ kata Smith.

 ?? FAZRY ISMAIL/EPA ?? POTENSI BESAR: Pembalap KTM Pol Espargaro beraksi pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 28 Januari lalu.
FAZRY ISMAIL/EPA POTENSI BESAR: Pembalap KTM Pol Espargaro beraksi pada tes pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, 28 Januari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia