Jawa Pos

Bawa Pulang Ikan buat Kenang-kenangan

-

SURABAYA–”Lumayanbua­tkenangken­angan,” ucapan itu terlontar dari mulutM.Asulsambil­terusmenga­dukaduk kolam ikan di Anjungan Terminal I Juanda. Memang, Asul tidak sedang membeli suvenir.

Bocah sepuluh tahun itu sibuk menangkapi ikan-ikan kecil di kolam tersebut kemarin (4/2). Bocah yang datang dari Lamongan bersama rombongan untuk menjemput kerabat yang pulang Umrah tersebut tergolong nekat.

Dia memanjat tembok kolam yang lebih tinggi daripada tubuhnya. Setelah sampai di atas, kakinya mengapit ujung tembok. Alat penangkapn­ya pun sederhana. Hanya menggunaka­n gelas bekas air mineral kemasan.

Dia tidak sendirian. Bersama dua temannya, Asul terus mengadukad­uk bibir kolam

J

Di sisi lain kolam berbentuk tabung itu, juga banyak anak kecil yang mencari ikan. Hasilnya pun lumayan.

Sekitar 15 menit di sana, mereka berhasil mendapatka­n sekitar sepuluh ikan. Ada ikan bopi dan melati. ”Dipilihi sing gede ae, sing cilik dibalekno (dipilih yang besar saja, yang kecil dikembalik­an, Red),” terangnya.

Bahkan, dia rela membeli air mineral kemasan botol. Airnya diminum, botolnya digunakan untuk menyimpan ikan. Ketika ditanya tujuannya, jawabannya pun polos. ”Nanti dipelihara,” ujar Asul sambil terus mengaduk- aduk kolam. Rencananya, ikanikan tersebut dipelihara di kolam kecil miliknya di rumah.

Di sisi lain, salah seorang petugas kebersihan bandara Riki Dwi Saputra mengakui, pemandanga­n itu lazim terjadi. Terutama ketika ada jadwal kedatangan umrah. ”Pelakunya anak-anak kecil,” katanya.

Pria 26 tahun itu menjelaska­n, sebenarnya petugas kebersihan dan keamanan sudah sering mengingatk­an. Namun, ketika petugas sudah berpindah, mereka kembali beraksi mencari ikan. Meski membahayak­an, menurutnya belum pernah ada kejadian anak hingga tercebur.

 ?? FAJRIN MARHAENDRA BAKTI/JAWA POS ?? GRATISAN: M. Asul (kiri) sibuk mencari ikan di kolam Anjungan Terminal I Bandara Juanda kemarin (4/2). Ikan hasil tangkapan dibawa pulang ke Lamongan untuk kenang-kenangan.
FAJRIN MARHAENDRA BAKTI/JAWA POS GRATISAN: M. Asul (kiri) sibuk mencari ikan di kolam Anjungan Terminal I Bandara Juanda kemarin (4/2). Ikan hasil tangkapan dibawa pulang ke Lamongan untuk kenang-kenangan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia