Jawa Pos

Modifikasi Cerita di Ujian Kesenian

-

SURABAYA – Aula SMKN 10 Surabaya penuh pengunjung kemarin (4/2). Mulai anak-anak hingga orang tua duduk rapi di bangku penonton. Di sisi depan, beberapa guru sibuk mengisi formulir penilaian. Ya, mereka sedang menonton pertunjuka­n drama.

’’Ini merupakan bagian dari ujian praktik kesenian dan budaya. Seluruh anak kelas XII yang bermain,’’ ujar Kepala SMKN 10 Anisah. Menurut dia, drama tersebut bertujuan memberikan ruang kepada siswa untuk berkreasi secara positif. Total ada 16 kelas yang menjadi peserta dalam kegiatan itu. Setiap kelas diberi waktu minimal 30 menit untuk menampilka­n karya terbaiknya.

Dengan tema kerajaan, pelajar SMK di wilayah Keputih itu pun memilih memodifika­si cerita yang sudah ada. Kelas XII multimedia I, misalnya. Kisah Ande-Ande Lumut pun berubah menjadi sebuah drama komedi yang membuat para penonton tertawa ngakak. Judulnya Golek Jodoh.

’’Ini kami mempersiap­kannya sejak awal Januari. Sempat berdebat sih soal cerita yang akan dibawakan,’’ kata siswa kelas XII multimedia I Muhammad Anan Charismade Yanto. ’’Kami memilih mengemasny­a dengan komedi. Jadi tidak sama persis dengan yang asli,’’ tambahnya.

Meski begitu, tokoh-tokoh utamanya tetap sama. Ada Klenthing Kuning, Klenthing Ungu, Klenthing Ijo, Klenthing Abang, Mbok Rondo, dan tentu Andeande Lumut. Bedanya, dalam kisah aslinya, si pangeran tampan berjodoh dengan Klenthing Kuning.

Kali ini mereka menjodohka­nnya dengan Mbok Rondo. Hasilnya, para penonton pun tertawa terpingkal-pingkal meski sesungguhn­ya adegan romantis. Sebab, yang berperan sebagai Mbok Rondo adalah seorang laki-laki.

 ?? GALIH ADI/JAWA POS ?? KEBUT: Pembanguna­n Pasar Penjaringa­n Sari Baru memasuki tahap pemasangan paving.
GALIH ADI/JAWA POS KEBUT: Pembanguna­n Pasar Penjaringa­n Sari Baru memasuki tahap pemasangan paving.
 ?? DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS ?? RUANG KREATIVITA­S: Kelas XII multimedia I SMKN 10 menampilka­n drama berjudul Golek Jodoh yang merupakan modifikasi cerita AndeAnde Lumut.
DWI WAHYUNINGS­IH/JAWA POS RUANG KREATIVITA­S: Kelas XII multimedia I SMKN 10 menampilka­n drama berjudul Golek Jodoh yang merupakan modifikasi cerita AndeAnde Lumut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia