Jawa Pos

Target Beroperasi Tahun Ini

Petekan Riverside Jadi Alternatif Surabaya North Quay

-

SURABAYA – Seiring dengan rencana pemkot merevitali­sasi Jembatan Petekan, Pelindo III Cabang Tanjung Perak juga ingin menghidupk­an kembali kawasan Kalimas sebagai wisata marina. Saat ini Pelindo III sudah membangun kawasan Petekan Riverside yang diagendaka­n beroperasi tahun ini.

Selain taman, ada bangunan yang bisa dimanfaatk­an untuk sentra kuliner. ”Tinggal ngisi,” ujar Kepala Humas Pelindo III Cabang Tanjung Perak Daddy Sumartono. Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan sounding kepada Pemkot Surabaya untuk rencana kerja sama. Apalagi, pemkot memiliki cita-cita yang sama untuk merevitali­sasi. Termasuk rencana menghadirk­an angkutan wisata Kalimas hingga ke Monkasel.

Sebisanya, rencana pertemuan dengan pemkot segera digelar sehingga bisa saling mendukung untuk mewujudkan wisata Kalimas. ”Jangka pendek kita sounding ke pemkot untuk kerja sama. Setelah ada kejelasan, baru direalisas­ikan kerja samanya,” ucapnya.

Untuk mendukung Petekan Riverside, dia mengakui masih memiliki PR. Yakni, membuatkan akses menuju area seluas 1.635 meter persegi tersebut. Sebab, saat ini yang ingin menuju area tersebut harus melewati Terminal Kalimas. ”Kita akan buatkan gate sendiri,” jelasnya. Dia berharap tahun ini wisata marina itu bisa terealisas­i. Dengan begitu, bangunan yang rampung dibangun akhir 2017 tersebut bisa segera difungsika­n.

Upaya itu, menurut Daddy, sangat mendukung revitalisa­si Kalimas dan Jembatan Petekan. Kalimas bisa difungsika­n kembali untuk transporta­si atau akomodasi kapal. Meski begitu, dia mengakui bahwa kapal yang akan melintas bukan kapal barang yang besar, melainkan perahu atau kapal penumpang. Apalagi, ada jembatan beton yang melintas di atas Kalimas. ”Untuk melintas, kapal juga butuh kedalaman air,” ungkapnya.

Yang pasti, adanya Petekan Riverside diharapkan bisa mendukung wisata di kawasan Tanjung Perak selain Surabaya North Quay. ”Kita siapkan lokasi. Terkait angkutanny­a, monggo siapa yang nanti bisa menyediaka­n,” katanya.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? BELUM DIFUNGSIKA­N: Petekan Riverside yang dibangun Pelindo III nampak kosong saat difoto 30 Januari lalu.
DITE SURENDRA/JAWA POS BELUM DIFUNGSIKA­N: Petekan Riverside yang dibangun Pelindo III nampak kosong saat difoto 30 Januari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia